//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Mengecek Alamat I2C LCD 16X2 Dengan Program Arduino

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Tuesday 29 October 2019

Mengecek Alamat I2C LCD 16X2 Dengan Program Arduino


Mengecek Alamat I2C LCD 16X2
Dengan Program Arduino
Mengecek Alamat I2C LCD 16X2 Dengan Program Arduino

  1. Pendahuluan
Sedang mencoba menggunakan LCD 16X2 yang tergabung dengan modul komunikasi I2C tapi gagal dan tidak dapat menampilkan tulisan ke LCD? Padahal kabel sudah benar, Port atau pin sudah sesuai, power supply masuk dan sesuai (5v), program berhasil di upload tidak ada error, lalu apa yang salah ya???

Sebelum kita membahas panjang lebar, jangan lupa singgah ke blog saya à http://festyy.com/wNiBaj untuk membaca materi-materi lainnya tentang Otomatisasi PLC maupun mikrokontroler dan juga Subscribe serta Like channel youtube saya di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil dari percobaan-percobaan dengan mikrokontroler yang telah dibuat.

Pada pembahasan sebelumnya tentang “Program LCD 16X2 Dengan Komunikasi I2C (Inter-Integrated Circuit) / Two-wire (TWI)” sudah kita jabarkan mulai dari rangkaian hingga programnya. Jika sudah mengikuti langkah-langkah yang tersedia dan membacanya tetapi masih belum berhasil menampilkan text ke LCD 16X2 dengan komunikasi I2C, berarti kamu perlu mengikuti sebuah langkah PENTING yang akan kita bahas yaitu “Mengecek Alamat I2C LCD 16X2 Dengan Program Arduino”.

  1. Pembahasan
LCD 16X2 yang tergabung dengan sebuah modul komunikasi I2C nomor seri PCF8574. Jika dilihat dari bentuk IC modul I2Cnya memang terlihat sama. Padahal sebenarnya mereka memiliki alamat yang berbeda-beda, dari alamat berbeda itulah komunikasi I2C tidak saling bertabrakan datanya walaupun menggunakan modul I2C lebih dari satu. Masalah yang sering terjadi, terkadang pengguna mengira bahwa setiap modul I2C yang dijual memiliki alamat yang sama, maka mereka hanya menggunakan contoh program yang tersedia tanpa mengubah alamat I2Cnya.

Untuk mengetahui alamat dari modul I2C yang kamu pakai, maka kita dapat mengeceknya dengan menscanning menggunakan program Arduino yang nantinya akan menampilkan berapa alamat dari I2C yang digunakan. Sehingga kedepannya, saat menggunakan modul I2C tidak terjadi lagi kegagalan yang bahkan bukan dari sisi hardware melainkan program alamatnya yang tidak tepat.

  1. Perancangan
Hal utama yang perlu diperhatikan sebelum mengecek alamat dari modul I2C yang digunakan yaitu:
1.    Mengecek rangkaian antara LCD 16X2 I2C sudah sesuai dan benar terkoneksi.
2.    Hubungkan pin SCL pada LCD i2C ke pin SCL (atau bisa pake pin A5) Arduino UNO
3.    Hubungkan pin SDA pada LCD i2C ke pin SDA (atau bisa pake pin A4) Arduino UNO
4.    Dan power supply serta ground sudah terhubung dengan benar dan sesuai.

Setelah semua tahapan diatas telah dipastikan sesuai dan benar, selanjutnya langkah terakhir yaitu salin program dibawah ini yang berfungsi untuk mengecek alamat dari modul I2C yang digunakan.

#include <Wire.h>;

void setup(){
  Wire.begin();
  Serial.begin(9600);
  while (!Serial);
  Serial.println("\nI2C Scanner");
}

void loop(){
  byte error, address;
  int nDevices;
  Serial.println("Scanning...");
  
  nDevices = 0;
  for(address = 1; address < 127; address++ ){
    Wire.beginTransmission(address);
    error = Wire.endTransmission();
    
    if (error == 0){
      Serial.print("ditemukan Perangkat i2C pada alamat 0x");
      if (address<16)
      Serial.print("0");
      Serial.print(address,HEX);
      Serial.println(" !");
      
      nDevices++;
    }
    else if (error==4){
      Serial.print("tidak ditemukan alamat 0x");
      if (address<16)
      Serial.print("0");
      Serial.println(address,HEX);
    }
  }
  if (nDevices == 0)
    Serial.println("Tidak Ditemukan Alamat i2c\n");
    else
    Serial.println("selesai\n");
    
    delay(5000);
}

Setelah disalin ke Arduino IDE program diatas, maka uploadlah ke Arduino yang digunakan tunggu hingga proses upload selesai. Setelah selesai buka Serial Monitor yang terdapat pada Aplikasi Arduino IDE, Lalu Set Baud Rate ke 9600 maka akan muncul tulisan pada layar monitor Serial seperti gambar dibawah ini:

Gambar 01. Hasil Scanning Alamat I2C

Dari hasil scanning tersebut didapatkan bahwa alamat modul I2C yang digunakan adalah 0x3F. Tentu saja alamat ini berbeda-beda, maka dari itu sebelum kita menggunakan modul yang berbasis komunikasi I2C, kita disarankan untuk mengecek alamat yang dipakai oleh masing-masing modul agar kita tidak mengira terjadi kerusakan pada hardware.
Catatan: Jika kamu gak berhasil, maka perhatikan kode yang ini  LiquidCrystal_I2C lcd(0x3F, 16, 2); yang bagian 0x27 itu adalah alamat i2C kamu, ada kemungkinan alamat kamu bukan yang itu, bisa jadi 0x3F atau yang lainnya.

  1. Penutup
Demikian penjabaran singkat tentang “Mengecek Alamat I2C LCD 16X2 Dengan Program Arduino”. Untuk selanjutnya, buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino ataupun sistem Automation lainnya silakan follow akun sosial media saya di facebook “fungkyking” juga diblog saya di http://festyy.com/wNiBaj dan jangan lupa subscribe serta Like channel youtube saya juga di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat tulisan-tulisan serta hasil rancangan alat-alat berbasis mikrokontroler yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan yang mana semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan, sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.
           
Terima Kasih,
Salam Otomatisasi


Afriansyah, S.T.
(Fungky King)
fungkyking01@gmail.com

Kata Kunci / Keywords: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, programming, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi, PWM, ADC, LED, Blink, I2C (Inter-Integrated Circuit), Two-wire (TWI), Program LCD 16X2 I2C (Inter-Integrated Circuit)

Referensi / Reference:




No comments:

Post a Comment

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir