//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Program LCD 16X2 Dengan Komunikasi I2C (Inter-Integrated Circuit) / Two-wire (TWI)

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Tuesday 22 October 2019

Program LCD 16X2 Dengan Komunikasi I2C (Inter-Integrated Circuit) / Two-wire (TWI)


Program LCD 16X2 Dengan Komunikasi
I2C (Inter-Integrated Circuit) / Two-wire (TWI)
LCD 16X2 I2C (Inter-Integrated Circuit) / Two-wire (TWI)

A.   Pendahuluan
Salam Otomatisasi, apa kabar semuanya? Semoga baik-baik saja. Kali ini saya akan membahas tentang “Program LCD 16X2 Dengan Komunikasi I2C (Inter-Integrated Circuit) / Two-wire (TWI)”. Sebelumnya jangan lupa singgah ke blog saya à http://festyy.com/wNiBaj untuk membaca materi-materi lainnya tentang Otomatisasi PLC maupun mikrokontroler dan juga Subscribe serta Like channel youtube saya di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil dari percobaan-percobaan dengan mikrokontroler yang telah dibuat.

Dalam pembahas sebelumnya di “Komunikasi I2C (Inter-Integrated Circuit) / Two-wire (TWI)” kita telah menjabarkan beberapa bagian yaitu pengertian Komunikasi I2C serta mekanisme kerja komunikasi I2C. Kali ini contoh sederhana implementasi komunikasi I2C pada Arduino meliputi gambar rangkaian, program dan penjelasan singkat sistem yang dibuat.

  1. Perancangan
Setelah diawal kita membahas lebih dalam tentang komunikasi I2C mulai dari apa itu komunikasi I2C, proses kerjanya dan logika kerjanya. Kali ini untuk lebih membuat semua memahami komunikasi I2C, maka langsung saja kita contohkan dalam implementasi menggunakan sebuah modul PCF8574 yang biasa digabungkan dengan modul LCD 16X2 maupun LCD dengan dimensi lainnya.

Gambar 01. Rangkaian LCD I2C dengan NodeMCU (http://fungkynotes.blogspot.co.id)
Catatan: Pastikan sambungan modul LCD I2C ke NodeMCU benar merupakan Port atau Pin jalur i2c yang disediakan pada NodeMCU. Dan sebelum ke pembuatan program, terlebih dahulu download Library LCD I2C untuk kelancaran komunikasi I2Cnya.

Listing program ujinya sebagai berikut:

#include <Wire.h>
#include <LiquidCrystal_I2C.h>

// Set the LCD address to 0x3F for a 16 chars and 2 line display
LiquidCrystal_I2C lcd(0x3F, 16, 2);

void setup() { lcd.begin();}

void loop()
{
  lcd.clear();
  lcd.setCursor(0,0);
  lcd.print("hello, world!");
  delay(1000);
}

Program pengujian diatas menggunakan library khusus untuk dapat menggunakan module LCD, #include <LiquidCrystal_I2C.h> merupakan library dari LCD yang dimana setiap akan menggunakannya library ini harus disertakan. LiquidCrystal_I2C lcd(0x3F, 16, 2); adalah konfigurasi hardware dimana interfacing antara pin NodeMCU dengan pin LCD memiliki alamat 0x3F. Alamat 0x3F merupakan alamat i2c yang digunakan oleh modul yang disambungkan ke LCD seperti pada pembahasan jalur komunikasi i2c. Alamat I2C setiap hardware berbeda-beda, maka lakukan proses scanning terlebih dahulu untuk mengetahui alamat yang digunakan oleh perangkat yang akan kamu gunakan.
Perintah lcd.clear(); ini berfungsi untuk menghapus seluruh tampilan yang ada di LCD. Baris 1 dan baris 2 yang semula terdapat tulisan akan terhapus. Perintah lcd.begin(); tersebut adalah inisialisasi ukuran LCD 16 baris 2 kolom. lcd.print("hello, world!"); menulis ke LCD dengan karakter yang ada dalam tanda kurung(), perhatikan bahwa ada tanda petik dua, berarti tipe datanya string.
lcd.setCursor(0, 0); untuk menempatkan cursor pada kolom 1 baris 1, indeks kolom dan baris dimulai urutan ke nol (0). Program diatas diupload ke NodeMcu ESP8266 dan jika sambungan dari rangkaian LCD 16x2 benar dan alamat i2c sesuai, setelah sistem dinyalakan maka tulisan dari program yang telah dirancang diatas akan tertampil pada LCD sebagaimana pada Gambar 2.
Gambar 02. Hasil Pengujian Tampilan LCD 16x2 (http://fungkynotes.blogspot.co.id)
Catatan: Jika kamu gak berhasil, maka perhatikan kode yang ini  LiquidCrystal_I2C lcd(0x3F, 16, 2); yang bagian 0x27 itu adalah alamat i2C kamu, ada kemungkinan alamat kamu bukan yang itu, bisa jadi 0x3F atau yang lainnya.

  1. Penutup
Demikian penjabaran singkat tentang “Program LCD 16X2 Dengan Komunikasi I2C (Inter-Integrated Circuit) / Two-wire (TWI)”. Untuk selanjutnya, buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino ataupun sistem Automation lainnya silakan follow akun sosial media saya di facebook “fungkyking” juga diblog saya di http://festyy.com/wNiBaj dan jangan lupa subscribe serta Like channel youtube saya juga di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat tulisan-tulisan serta hasil rancangan alat-alat berbasis mikrokontroler yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan yang mana semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan, sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.
           
Terima Kasih,
Salam Otomatisasi


Afriansyah, S.T.
(Fungky King)
fungkyking01@gmail.com

Kata Kunci / Keywords: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, programming, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi, PWM, ADC, LED, Blink, I2C (Inter-Integrated Circuit), Two-wire (TWI), Program LCD 16X2 I2C (Inter-Integrated Circuit)

Referensi / Reference:



No comments:

Post a Comment

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir