//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: BAGIAN-BAGIAN APLIKASI ARDUINO IDE (Integrated Development Environment)

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Wednesday 19 September 2018

BAGIAN-BAGIAN APLIKASI ARDUINO IDE (Integrated Development Environment)


BAGIAN-BAGIAN APLIKASI
ARDUINO IDE (Integrated Development Environment)


Arduino IDE (Integrated Development Environment)

Pada pembahasan sebelumnya mengenai “MENGENAL APLIKASI PEMPROGRAMAN ARDUINO”, kita telah mengenal sedikit tentang aplikas Arduino IDE yang merupakan aplikasi khusus untuk merancang program yang akan diupload ke board Arduino. Pembahasan kali ini, kita akan mengulas lebih detail bagian-bagian dari Arduino IDE seperti fungsi dari tombol-tombol yang terdapat pada aplikasi Arduino IDE.

Mengulas tentang bagian-bagian dari aplikasi ini merupakan hal penting untuk dapat mempermudah dalam mengoperasikan sebuah aplikasi. Seperti aplikasi teks editor pada umumnya yaitu memiliki fitur untuk cut / paste dan untuk find / replace teks. Pada bagian keterangan aplikasi memberikan pesan balik saat menyimpan dan mengekspor dan juga sebagai tempat menampilkan kesalahan. Konsol log menampilkan output teks dari Arduino Software (IDE), termasuk pesan kesalahan yang lengkap dan informasi lainnya. Pojok kanan bawah jendela menampilkan papan dikonfigurasi dan port serial. Tombol toolbar memungkinkan Anda untuk memverifikasi dan meng-upload program, membuat, membuka, dan menyimpan sketch, dan membuka monitor serial.

Gambar 1. Bagian-bagian Arduino IDE 1.6 (www.arduino.ac.id)

Berikut adalah penjabaran dari bagian-bagian yang ada pada menu aplikasi Arduino IDE:
  • Verify pada versi sebelumnya dikenal dengan istilah Compile. Sebelum aplikasi di-upload ke boardArduino, biasakan untuk memverifikasi terlebih dahulu sketch yang dibuat. Jika ada kesalahan pada sketch, nanti akan muncul error. Proses Verify / Compile mengubah sketch ke binary code untuk di-uploadke mikrokontroller.
  • Upload tombol ini berfungsi untuk mengupload sketch ke board Arduino. Walaupun kita tidak mengklik tombol verify, maka sketch akan di-compile, kemudian langsung diupload ke board. Berbeda dengan tombol verify yang hanya berfungsi untuk memverifikasi source code saja.
  • New Sketch Membuka window dan membuat sketch baru.
  • Open Sketch Membuka sketch yang sudah pernah dibuat. Sketch yang dibuat dengan IDE Arduino akan disimpan dengan ekstensi file .ino
  • Save Sketch menyimpan sketch, tapi tidak disertai dengan mengkompile.
  • Serial Monitor Membuka interface untuk komunikasi serial, nanti akan kita diskusikan lebih lanjut pada bagian selanjutnya.
  • Keterangan Aplikasi pesan-pesan yang dilakukan aplikasi akan muncul di sini, misal “Compiling” dan “Done Uploading”ketika kita mengcompile dan mengupload sketch ke board Arduino
  • Konsol log Pesan-pesan yang dikerjakan aplikasi dan pesan-pesan tentang sketch akan muncul pada bagian ini. Misal, ketika aplikasi mengcompile atau ketika ada kesalahan pada sketch yang kita buat, maka informasi error dan baris akan diinformasikan di bagian ini.
  • Baris Sketch bagian ini akan menunjukkan posisi baris kursor yang sedang aktif pada sketch.
  • Informasi Board dan Port Bagian ini menginformasikan port yang dipakai oleh board Arduino.

Demikian pembahasan singkat mengenai bagian-bagian dari Aplikasi Arduino IDE. Untuk selanjutnya, kita akan mengulas tuntas mengenai “Memahami Struktur Pemprograman Arduino (Sketch Arduino)” agar dapat mengetahui fungsi-fungsi yang digunakan dalam pemprogram dengan arduino sehingga menghasilkan program yang baik serta efektif.

Buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino silakan membaca pembahasan sebelum-sebelumnya diblog http://fungkynotes.blogspot.co.id atau dichannel youtube kami (fungky king) https://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil rancangan alat-alat yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan.

Terima Kasih,
Salam Otomatisasi


Fungkyking
http://fungkynotes.blogspot.co.id

Kata Kunci: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi

Sumber:
www.arduino.ac.id
http://arduino.cc/en/Main/Software
https://www.sinaryuda.web.id
http://allgoblog.com



No comments:

Post a Comment

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir