//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Perbedaan Arduino Original Dengan Arduino Tiruan

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Thursday 21 June 2018

Perbedaan Arduino Original Dengan Arduino Tiruan


Perbedaan Arduino Original Dengan Arduino Tiruan


Pada pembahasan sebelumnya dengan judul “Mengenal Board Arduino Dipasaran” di blog http://fungkynotes.blogspot.co.id sudah dibahas panjang lebar mengenai Arduino yang dijual dipasaran indonesia, sehingga dapat membantu pengguna pemula dalam membeli dan memulai belajar mengenai mikrokontroler khususnya Arduino. Pada pembahasan kali ini, kita akan menjabarkan lebih detail perbedaan-perbedaan antara Arduino Original dengan Arduino tiruan/clone mulai dari warna, logo, komponen, dan lainnya. Namun yang perlu digaris bawahi yaitu mau menggunakan atau membeli Arduino Uno original, compatible, atau bahkan tiruan/clone adalah menjadi hak para pengguna sepenuhnya.
Jika dilihat dari segi etika bisnis, sebaiknya para pembuat Arduino tiruan/clone seharusnya tidak menggunakan merk dagang “Arduino” walaupun sifat dari Arduino adalah lisensi Open Hardware untuk Board Arduino dan lisensi Open Source untuk perangkat lunak Arduino IDE. Penggunaan merk dagang “Arduino” hanya akan menyakiti dan merugikan perusahaan Arduino serta membingungkan dan merugikan konsumen.
Pihak Arduino sendiri telah menjabarkan ciri-ciri produk yang tiruan pada websitenya (https://www.arduino.cc/en/Products/Counterfeit), kita sebagai konsumen diharapkan bijak dan jeli dalam merencakan pembelian papan Arduino karena membeli yang asli berarti mendukung perkembangan produk tersebut menjadi lebih baik.

  1. Indikator Umum
Muncul pertanyaan “bagaimana cara kita mencari tahu barang tiruan dari Arduino?” “Apa ciri-ciri barang Arduino Palsu?”. Bagi pengguna Arduino biasa dan pemula tentu akan kebingungan, namun pada dasarnya jika diperhatikan dengan cermat, perbedaannya mungkin terlihat sangat jelas, tetapi bagaimana dengan pengguna pertama kali? Pasti tetap kebingungan. Seperti setiap barang tiruan/klon yang pernah ada, kita perlu mencari lebih teliti dari satu tanda ke tanda lainnya. Kita ambil contoh seri Arduino UNO untuk mencari semua indikator perbandingan antara yang Asli dan tiruan yang terdapat pada boardnya.
Dibawah ini ada beberapa indikator yang bisa kita gunakan untuk mengidentifikasi papan Arduino yang original dan tiruan/bajakan.

  1. Warna

Berdasarkan penjabaran dari website Arduino, warna asli Arduino adalah campuran hijau dan biru, atau teal Arduino klasik. Palsu biasanya berwarna biru sampai biru tua, dimana warna otentik papan Arduino adalah percampuran antara warna hijau dengan biru atau warna klasik lebut dan seperti warna pudar. Sedangkan papan Arduino palsu biasanya berwarna biru hingga warna biru tajam (dominan warna biru).

Gambar 1. Papan Orisinal (Depan) dan Palsu (Depan) (www.arduino.cc)

 
Gambar 2. Papan asli (Belakang) dan Palsu (Belakang) (www.arduino.cc)

  1. Logo
Pada bagian logo Arduino asli dibawah ini, kita akan menemukan perbedaan yang cukup jelas. Tulisan “ARDUINO” yang dicetak dengan jelas dan tegas serta simbol TM yang hasil cetakan yang terbaca dengan baik.
Gambar 3. Logo Huruf Arduino Original (www.arduino.cc)
Perhatikan logo asli Arduino diatas dan bandingkan dengan yang palsu pada gambar dibawah ini. Logo pada papan palsu tercetak kurang tajam, lubang pada huruf “A” menghilang, cetakan tulisan TM yang tidak sempurna, bagian tepi garis logo bergelombang dan kurang rapi terutama pada bagian lengkungan logo, dan masih banyak lainnya yang jelas sangat berbeda.
Gambar 4. Logo Huruf Arduino Palsu (www.arduino.cc)
  1. Huruf
Setelah mengamati huruf dengan teliti dan hati-hati pada kata “Arduino”, sekarang hal yang sama dapat kita jumpai pada tulisan “UNO” yang tertulis pada papan Arduino juga ditemukan banyak perbedaan. Jenis huruf Arduino di rancang secara khusus dan cermat, sedangkan pada papan Arduino palsu atau bajakan cenderung diabaikan atau tidak sama persis. Perhatikan huruf “O” pada gambar dibawah ini yang sangat jelas perbedaannya:
Gambar 5. Huruf UNO Asli dan Palsu (www.arduino.cc)
  1. Peta
Keaslian dari board Arduino juga dapat dilihat dan diperhatikan pada bagian peta yang terdapat dibelakang board. Pada papan asli tampak dengan jelas peta negara Itali hal ini untuk menghormati tempat kelahiran Arduino. Sedangkan pada papan Arduino palsu, peta Itali tercetak tidak begitu jelas bahkan seperti layang-layang terbang.
Gambar 6. Peta Arduino Original dan Tiruan (www.arduino.cc)

  1. Jalur dan konektor
Pada papan Arduino Asli terlihat jalur dan konektor antar komponen tampak rapi dan teranyam dengan indah. Sedangkan pada papan Arduino Palsu tampak berantakan dan tidak indah.
Gambar 7. Jalur Arduino Original dan Tiruan (www.arduino.cc)

  1. Komponen
Komponen merupakan bagian yang paling sulit untuk dipalsukan dan kualitas komponen Arduino asli jelas lebih bagus dari pada komponen tiruan. Contohnya saja komponen dengan kode 501K yang terletak dekat dengan Regulator Tegangan biasanya berwarna hijau pada papan Arduino palsu. Sebenarnya yang berwarna hijau memiliki nilai yang hampir sama dengan yang digunakan pada papan Arduino Asli berwarna emas-hitam. Hal yang menjadi istimewa dan menjadi hal spesial bagi Arduino Asli karena komponen berwarna emas-hitam ini merupakan komponen yang paling sulit di cari.
Gambar 8. Komponen Arduino Original dan Tiruan (www.arduino.cc)

  1. Kata Kunci (Keyword)
Pada dasarnya para produsen pembuat dan penjual papan Arduino palsu tahu bahwa mereka melanggar merk dagang. Oleh karena itu, dalam menjualnya pun mereka tidak berani terang-terangan dengan mengatakan/menuliskan “Arduino Uno” baik dalam deskripsi produk atau nama dari produk itu sendiri. Biasanya mereka menggunakan kata kunci pendekatan agar produk mereka masuk dalam list mesin pencari seperti google, dll, misal; Arduino Uno Compatible, Arduino Uno Clone, Uno for Arduino, Arduino Uno Grade A, dan beberapa kata kunci yang mirip.
Tentu saja semua ini terjadi jika melakukan belanja online dan pembelian pada toko juga terdapat beberapa penulisan yang sama dikarenakan penjual menyamakan nama barangnya dengan saat pembelian online.

  1. Harga
Harga merupakan indikator umum untuk membedakan dari sebuah barang yang asli dengan barang tiruan, hal Inilah bagian yang paling mencolok diantara perbedaan yang sudah dijabarkan diatas. Papan Arduino Tiruan/Palsu atau Clone dijual dengan harga sangat murah hingga 50% jika dibandingkan dengan harga papan Arduino Original, bahkan biasanya penjual memberikan tambahan berupa kabel data USB.
Jika Arduino dijual secara online dengan harga kurang dari harga yang tercantum disitus resmi, itu mungkin menunjukkan barang tiruan. Harga Arduino yang jual resmi sudah termasuk dalam rencana perusahaan untuk:

·         Mengembangkan perangkat keras open source baru
·         Dokumentasi
·         Sertifikasi CE / FCC
·         Pengembangan PCB karbon
·         Kontrol kualitas yang cermat
·         Manajemen komunitas
·         Menerbitkan tutorial
·         Membuat sumbangan untuk proyek sumber terbuka lainnya
·         Hosting / maintanance situs web dan forum (jutaan pengguna!)

Jika Anda mengetahui atau menangkap penjual yang menjual papan palsu tersebut, laporkan kepada pihak arduino di contact yang disediakan pada website.

  1. Versi Terbaru!
Arduino terus memperbarui kualitas, warna dan grafis dari semua board Arduino. Arduino UNO dengan board yang baru dikembangkan oleh Arduino diberi warna sutra baru adalah teal Arduino klasik ( baca blogpost ). Ini berarti bahwa board Arduino asli sekarang berwarna biru atau teal. Arduino juga memperbarui grafik bagian belakang papan.
Gambar 9. Warna dan grafis Board baru - Arduino UNO (www.arduino.cc)
Gambar 10. Papan Arduino Baru (Belakang) - Arduino UNO (www.arduino.cc)

  1. Distributor Resmi
Untuk informasi tentang distributor resmi Arduino di seluruh dunia, dapat mengecek dihalaman website resmi Arduino (www.arduino.cc). Jika Anda ingin menjadi distributor resmi papan Arduino dapat hubungi pihak arduino pada contact yang tersedia di websitenya.

Untuk selanjutnya, kita akan mengulas tuntas mengenai “ATmega328 DIP Chip and SMD Chip On Arduino UNO” agar dapat mengetahui dan membedakan komponen DIP dan SMD, Harga, dll. Buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino silakan baca pembahasan sebelum-sebelumnya di blog http://fungkynotes.blogspot.co.id atau di channel youtube kami https://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil rancangan alat-alat yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk “syarat” kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan.

Terima Kasih,
Salam Otomatisasi

Fungkyking


Sumber:

3 comments:

  1. Bagaimana dengan fungsi dan kinerja alat antara yg asli dan kw?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Hen,

      Untuk fungsi dan kinerja menurut pengalaman saya selama ini sama2 baik dan bagus.

      Namun, terkadang untuk yg clone atau KW, terkadang bootloadernya ada yg rusak atau terganggu.
      Dan juga beberapa kali pernah mendapatkan produk yg koneksi dengan Arduino IDEnya bermasalah.

      Tp, secara keseluruhan berfungsi dengan baik yg Arduino Tiruannya.

      Terima Kasih sudah mampir,
      semoga bermanfaat..

      Salam.

      Delete
  2. Terima Kasih sudah mampir,
    semoga bermanfaat..

    ReplyDelete

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir