//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: MENGENAL APLIKASI PEMPROGRAMAN ARDUINO

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Tuesday 18 September 2018

MENGENAL APLIKASI PEMPROGRAMAN ARDUINO


MENGENAL APLIKASI PEMPROGRAMAN ARDUINO


Arduino IDE (Integrated Development Environment)
  Seperti pembahasan sebelum-sebelumnya (Disini) kita telah mengenal serta membahas tentang Arduino secara mendalam. Arduino itu sendiri bersifat open source (dapat dibaca Disini) baik hardware maupun softwarenya, maka dari itu diperbolehkan mengembangkan hardware, aplikasi pemprogramannya atau menggunakan bahasa pemprograman lainnya. Tentunya dalam pengembangan tetap menggunakan komputer atau laptop berbasis OS baik Windows, Mac maupun Linux untuk proses penulisan programnya bukan pakai daun lontar ya? :D Hahaha.

Arduino memiliki software atau aplikasi khusus yang digunakan dalam menulis program yang akan diupload kedalam Board Arduino. Arduino IDE (Integrated Development Environment) software open source ini digunakan untuk menulis kode pemrograman kepada board Arduino (biasa disebut sketch), yang berekstensi .ino (dahulu .pde). Aplikasi Arduino IDE hingga kini sudah ada beberapa versi, mulai dari 1.0.6, 1.5.x, 1.6.x hingga 1.8.x yang dapat digunakan di Windows, MAC OS X maupun Linux.

Aplikasi Arduino IDE (Integrated Development Environment) dapat didownload gratis pada laman website Arduino yaitu http://arduino.cc/en/Main/Software. Dalam Aplikasi tersebut juga sudah terdapat contoh-contoh program dasar yang dapat dijadikan pedoman dalam belajar pemprograman Arduino.

Gambar 1. Arduino IDE 1.8 (www.arduino.ac.id)

Arduino IDE ini berguna sebagai text editor  untuk membuat,  mengedit, dan juga memvalidasi kode program yang dibuat. Selain fungsi yang telah disebutkan, aplikasi ini bisa juga digunakan untuk meng-upload program hasil rancangan ke board Arduino (IC Mikrokontroler).  Kode program yang digunakan pada Arduino disebut dengan istilah Arduino “sketch” atau disebut juga source code arduino dengan ekstensi file source code (.ino).

Bahasa pemrograman Arduino mirip bahasa C yang digunakan pada AVR. Akan tetapi strukturnya lebih sederhana dan lebih mudah untuk dipelajari. Beberapa kalangan ada yang mengatakan bahwa bahasa pemrograman Arduino adalah bahasa processing. Tapi yang perlu digaris bawahi adalah bahasa pemprograman dasar Arduino merupakan bahasa C, jadi pahami dan pelajari struktur pemprograman bahasa C maka akan mudah memprogram dengan Arduino IDE. Pembahasan struktur-struktur pemprograman bahasa C dapat dibaca juga pada blog saya di http://fungkynotes.blogspot.com/.

Secara penjabaran sederhana, sketch dalam Arduino dikelompokkan menjadi 3 blok yaitu antara lain:

·         Header
·         Setup
·         Loop

Tentu saja, selain 3 blok utama diatas untuk program-program yang lebih kompleks akan ada blok lain berupa fungsi-fungsi pendukung yang membuat sebuah program berjalan lebih efisien dan baik. Pembahasan mengenai 3 blok dasar program Arduino akan kita bahas dipembahasan lainnya.

Demikian pengenalan singkat tentang aplikasi pemprograman yang digunakan oleh Arduino dalam membuat serta mengupload programnya kedalam board Arduino yang digunakan. Untuk selanjutnya, kita akan mengulas tuntas mengenai “Bagian-bagian Dari Aplikasi Arduino IDE” agar dapat mengetahui fungsi-fungsi yang terdapat pada aplikasi tersebut sehingga mempermudah dalam proses membuat program.

Buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino silakan membaca pembahasan sebelum-sebelumnya diblog http://fungkynotes.blogspot.co.id atau dichannel youtube kami (fungky king) https://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil rancangan alat-alat yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan.

Terima Kasih,
Salam Otomatisasi


Fungkyking
http://fungkynotes.blogspot.co.id

Kata Kunci: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi

Sumber:
www.arduino.ac.id
http://arduino.cc/en/Main/Software

No comments:

Post a Comment

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir