//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Membaca Kartu ID Menggunakan Modul RFID (Radio-Frequency Identification)

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Tuesday 15 October 2019

Membaca Kartu ID Menggunakan Modul RFID (Radio-Frequency Identification)


Membaca Kartu ID Menggunakan
Modul RFID (Radio-Frequency Identification)
RFID (Radio-Frequency Identification)

  1. Pendahuluan
Salam Otomatisasi, apa kabar semuanya? Semoga baik-baik saja. Kali ini kita akan membahas tentang Implementasi komunikasi SPI (Serial Peripheral Interface) menggunakan sebuah alat yang bernama RFID (Radio-frequency identification). Sebelumnya jangan lupa singgah ke blog saya à http://festyy.com/wNiBaj untuk membaca materi-materi lainnya tentang Otomatisasi PLC maupun mikrokontroler dan juga Subscribe serta Like channel youtube saya di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil dari percobaan-percobaan dengan mikrokontroler yang telah dibuat.

Dalam pembahas tentang “Pengetahuan Dasar Komunikasi SPI (Serial Peripheral Interface)” sebelumnya kita telah menjabarkan beberapa bagian yaitu pengertian Komunikasi SPI serta mekanisme kerja komunikasi SPI. Kali ini kita akan membuat contoh sederhana implementasi komunikasi SPI pada Arduino meliputi gambar rangkaian, program dan penjelasan singkat sistem yang dibuat.

RFID terdiri dari dua buah perangkat yang saling terkoneksi yaitu RFID Tag dan RFID Reader. RFID Tag Adalah sebuah alat yang melekat pada obyek yang akan diidentifikasi oleh RFID reader. RFID tag dapat berupa perangkat pasif atau aktif. Tag  pasif artinya tanpa battery dan tagaktif artinya menggunakan baterai, tag pasif lebih banyak digunakan karena murah dan mempunyai ukuran lebih kecil.
Gambar 1. RFID TAG (SUBARI, 2008)

RFID reader adalah merupakan alat pembaca RFID tag, reader  pasif  memiliki  sistem  pambaca pasif yang hanya menerima sinya radio dari RFID tag aktif (yang dioperasikan dengan barrety/sumber daya).
Gambar 2. RFID READER (SUBARI, 2008)

  1. Perancangan
Perancangan untuk contoh “Membaca Kartu ID Menggunakan Modul RFID (Radio-Frequency Identification) kita menggunakan modul RFID dengan Arduino Mega sebagai kontrolernya. RFID harus terhubung dengan pin Arduino Mega yang mendukung komunikasi SPI dimana untuk pin SPI pada Arduino Mega adalah sebagai berikut: Pin 50 (MISO), 51 (MOSI), 52 (SCK), dan 53 (SS).
RFID reader adalah merupakan alat pembaca RFID tag, reader  pasif  memiliki  sistem  pambaca pasif yang hanya menerima sinya radio dari RFID tag aktif (yang dioperasikan dengan baterai/sumber daya). Sedangkan untuk menghubungkan atau merangkai RFID Reader dengan Arduino Mega 2560, maka dapat merujuk berdasarkan Tabel 1 berikut ini yang merupakan pin-pin yang akan dihubungkan.

Tabel 1. Koneksi Pin RFID dengan board Arduino Mega 2560.

RC522 MODULE
Arduino Mega
SDA
9
SCK
52
MOSI
51
MISO
50
IRQ
N/A
GND
GND
RST
8
3.3V
3.3V

Berdasarkan Tabel 1 RFID seri RC522 dihubungkan dengan Arduino Mega 2560 menggunakan SPI sebagai komunikasi serial synchrounous kecepatan tinggi. RFID dihubungkan ke Arduino Mega 2560 dengan pin yaitu SDA pada pin 9, MOSI pada pin 51, MISO pada pin 51, RST pada pin 8 dan SCK dengan pin 52. Semua harus terhubung dengan baik dan sempurna agar data dapat saling dikirimkan dan diterima dengan baik untuk diproses seperti gambar rangkaian dibawah ini.

Gambar 3. Rangkaian RFID READER dengan Arduino Mega

Proses kerja secara umum dari RFID Reader dapat digambarkan dengan menggunakan flowchart sebagai berikut:


Gambar 4. Flowchart Sistem RFID

  1. Pembahasan
Pengujian pada RFID dilakukan untuk melihat respon pembacaannya terhadap RFID Tag berdasarkan jarak. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bahwa RFID Reader dapat merespon dalam membaca nomor ID pada RFID Tag. Pengujian RFID Reader terhadap RFID Tag dilakukan berdasarkan dengan variasi jarak yang berbeda-beda hingga mendapatkan jarak maksimal pembacaan dari RFID Reader.

Program untuk membaca tag RFID yang dilakukan oleh reader RFID akan mengubah hasil pembacaan tag RFID yang awalnya berupa bilangan hexadecimal menjadi decimal. Hasil pengubahan dari bilangan hexadecimal menghasilkan ID Kartu berbentuk decimal yang digunakan untuk melanjutkan sistem yang akan dibuat. Proses pengubahan bilangan dilakukan agar kode tag dapat digunakan dalam sistem. Program untuk membaca ID pada kartu dapat dilihat dibawah ini.

for(int x = 0; x < sizeof(cards); x++)
{
for(int i = 0; i < sizeof(RC522.serNum); i++ )
{
String serial = String(RC522.serNum[i]);
}
}

Program pembacaan diatas bekerja dengan mencacah angka secara terus menerus, hal ini dimaksudkan untuk menangkap angka dari kartu RFID yang ditempelkan. Dimana ketika kartu ditempelkan, maka gelombang dari kartu tersebut akan membangkitkan kode yang terdapat pada chip didalam kartu tersebut dan dibaca oleh reader RFID agar dapat diproses kode unik tersebut kedalam bentuk desimal.

Penggambaran dalam program diatas, kedua input proses pembacaan RFID bisa kita ibaratkan menjadi 2 variabel, yaitu DATA0 dan DATA1. Dengan demikian, data yang dikirim memiliki 2 pin untuk mengirimkan data, yaitu 1 pin untuk DATA0 dan 1 pin untuk DATA1. Ketika mengirim data, nilai pada DATA0 dan DATA1 akan bergantian. Jika DATA0 bernilai 0 (LOW), maka data yang dikirim adalah 0. Jika DATA1 bernilai 0 (LOW), maka data yang dikirim adalah 1. Selain kondisi tersebut, berarti tidak ada data yang sedang dikirim. Perhatikan tabel kebenaran berikut :

Tabel 2. Tabel Kebenaran RFID
+-------+-------+------+
| DATA0 | DATA1 | ARTI |
+-------+-------+------+
|   0   |   0   |  -   |
|   0   |   1   |  0   |
|   1   |   0   |  1   |
|   1   |   1   |  -   |
+-------+-------+------+

Adapun proses pembacaan RFID dapat dijabarkan seperti berikut jika digambarkan dalam bentuk timeline, maka format data yang dikirim dari pembacaan RFID Tag/Kartu adalah sebagai berikut:

Gambar 6. Timeline Proses Pembacaan RFID

Proses pengujian seperti pada Gambar 7. dimana berdasarkan pengujian yang dilakukan terhadap RFID, maka didapatkan data maksimal jarak baca RFID yang disajikan pada Tabel 3 sebagai berikut:
Gambar 7. Proses Pengujian RFID
Tabel 3. Hasil Pengujian Jarak Pembacaan RFID
No
Jarak (cm)
ID Kartu
Keterangan
1
0.5
13317198
Terbaca
2
1
13317198
Terbaca
3
1.5
1982271
Terbaca
4
2
1982271
Terbaca
5
2.5
13317198
Terbaca
6
3
1982271
Terbaca
7
3.5
13317198
Tidak Terbaca
8
4
13317198
Tidak Terbaca
9
4.5
1982271
Tidak Terbaca
10
5
1982271
Tidak Terbaca

Berdasarkan hasil pengujian jarak pembacaan RFID pada Tabel 3 dapat diamati bahwa jarak efektif untuk RFID Reader dalam membaca RFID Tag yaitu pada jarak maksimal 3cm.

Catatan: Proses sepenuhnya dalam pembacaan data terdapat dalam Library untuk RFID yang digunakan pada pembuatan program RFID yang harus dipasang dalam program.

  1. Penutup
Demikian penjabaran singkat tentang “Membaca Kartu ID Menggunakan Modul RFID (Radio-Frequency Identification)”. Jangan lupa buat yang ingin mempelajari tentang Arduino baik Hardware maupun Software atau program silakan follow akun sosial media saya difacebook “fungkyking” juga diblog saya http://festyy.com/wNiBaj dan subscribe serta Like channel youtube saya (fungky king) https://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat tulisan-tulisan serta hasil rancangan alat-alat berbasis mikrokontroler yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan yang mana semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan, sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.
           
Terima Kasih,
Salam Otomatisasi

Afriansyah, S.T.
(Fungky King)
fungkyking01@gmail.com

Kata Kunci / Keywords: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, programming, Programmable Logic Controllers (PLC), NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi, PROSESOR TERTANAM (EMBEDED PROCESSOR), PWM, ADC, LED, Blink, I2C (Inter-Integrated Circuit), Two-wire (TWI), SPI (Serial Peripheral Interface), RFID (Radio-frequency identification)

Referensi / Reference:



No comments:

Post a Comment

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir