//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: MENGHUBUNGKAN APLIKASI ARDUINO IDE DENGAN BOARD ARDUINO PADA WINDOWS

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Friday 1 March 2019

MENGHUBUNGKAN APLIKASI ARDUINO IDE DENGAN BOARD ARDUINO PADA WINDOWS


MENGHUBUNGKAN APLIKASI ARDUINO IDE
DENGAN BOARD ARDUINO PADA WINDOWS


Arduino UNO Original

Pembahasan kali ini berdasarkan acuan dari website Arduino tentang “Getting Started w/ Arduino on Windows”. Namun agar lebih mudah dipahami, maka saya akan mencoba menjabarkannya dengan ringkas. Pembahasan ini akan menjelaskan bagaimana caranya menghubungkan aplikasi Arduino IDE dengan Board Arduino menggunakan koneksi USB pada komputer dan mencoba meng-upload program (sketch) pertama.


Adapun tahapan-tahapan yang perlu dipersiapkan adalah sebagi berikut:

  1. Board Arduino dan Kabel USB
Pada tutorial kali ini, anda dapat menggunakan Arduino Seri apapun seperti Arduino Uno, Arduino Duemilanove, Nano atau Diecimila. Selain itu juga membutuhkan sebuah kabel USB standar (A – B) atau sama dengan kabel yang digunakan untuk printer USB yang nantinya akan dihubungkan ke computer atau laptop.
Gambar 1. Kabel USB standar (A – B) Atau Printer

  1. Software Arduino IDE
Software Arduino IDE dapat diunduh pada halaman download Arduino yang resmi. Proses pemasangan atau instalasinya dapat dibaca pada pembahasan sebelumnya di blog www.fungkynotes.blogspot.com yang berjudul “MEMASANG SOFTWARE ARDUINO IDE PADA OS BERBASIS WINDOWS”.

Gambar 2. Halaman Download Arduino IDE (www.arduino.ac.id)

  1. Hubungkan Board Arduino
Saat Arduino Uno, Mega, Deumilanove maupun Arduino Nano dihubungkan ke laptop atau pc menggunakan USB, maka Arduino akan menarik sumber daya atau power dari port USB atau power supply eksternal yang dicolokkan atau dihubungkan dengan menggunakan USB. Setelah Arduino mendapat power dari USB tersebut, maka LED indikator power yang terdapat pada board Arduino baik yang berwarna orange maupun berwarna hijau (berlabel PWR) akan hidup.

Gambar 3. LED Indikator Arduino (www.arduino.ac.id)

  1. Pemasangan/Instalasi Drivers
Ketika anda menghubungkan board Arduino ke komputer atau laptop menggunakan USB, Windows seharusnya otomatis memulai proses instalasi driver (hal ini terjadi apabila sebelumnya belum pernah menghubungkan komputer tersebut dengan board Arduino yang akan digunakan sebelumnya). Pada Windows Vista, proses pemasangan atau instalasi driver akan otomatis di-download dan diinstalasikan oleh sistem.

CATATAN:
“Untuk software driver terdapat dua jenis, dimana yang pertama jika menggunakan Arduino Asli atau jenis R3 maka akan otomatis terinstal, yang kedua jika menggunakan jenis Arduino Tipe SMD maka membutuhkan software Driver tersendiri yang harus didownload pada alamat pembuat Arduino SMD tersebut. Pembahasan lengkapnya dapat dibaca pada link berikut: http://fungkynotes.blogspot.com/2018/07/usb-to-serial-chip-on-arduino-uno.html”.

  1. Jalankan Aplikasi Arduino
Setelah semua proses diatas berjalan dengan baik dan sempurna, maka untuk membuka aplikasi Arduino IDE Klik dua kali pada aplikasi Arduino (arduino.exe) yang terdapat pada Destop atau pada menu Start dan cari nama aplikasi arduino.exe.

Gambar 4. Membuka Aplikasi Arduino IDE

  1. Program Contoh
Setelah jendela program Arduino IDE terbuka, maka kita langsung dapat memulai terlebih dahulu dengan membuka contoh program LED Blink pada menu: File > Examples > 1.Basics > Blink.

Gambar 5. Contoh Program Blink

Program contoh Blink akan otomatis muncul dan terbuka seperti pada Gambar 5 dan program tersebut siap untuk di uploadkan ke board Arduino yang digunakan.

  1. Memilih Board Arduino
Hal yang tak kalah penting untuk di seting pada aplikasi Arduino IDE adalah menyamakan jenis Board Arduino yang digunakan untuk diisi dengan program contoh. Anda dapat melakukan memilih jenis Arduino yang digunakan pada menu opsi Tools > Board dan pilih yang sesuai dengan board Arduino yang dipakai misal Arduino UNO seperti Gambar 6.

Gambar 6. Memilih Seri Board Arduino

  1. Memilih serial port
Serial port digunakan untuk sarana jalur komunikasi antara Board Arduino dengan komputer melalui koneksi USB. Dimana terdapat alamat jalur komunikasi yang sudah ditetapkan otomatis oleh sistem dan harus disesuaikan pada aplikasi Arduino IDE yaitu dengan Pilih port serial yang digunakan oleh board Arduino anda pada menu Tools > Serial Port.

Biasanya ini adalah COM3 atau yang lebih tinggi (COM1 dan COM2 biasanya sudah direservasi untuk serial port hardware). Untuk mencari tahu, anda dapat melepaskan koneksi ke board Arduino dan buka kembali menu tadi; pilihan yang menghilang harusnya adalah board Arduino anda. Koneksikan kembali board-nya dan pilih serial port yang sesuai.

CATATAN: Cata mengetahui nomor COMM yang terhubung dengan Board Arduino dapat juga dengan mengklik kanan My Computer lalu pilih Manage à Device Manager, maka akan muncul banyak list dan Colok ulang USB dari Board Arduino Ke USB komputer dimana nanti akan muncul nomor COMM yang digunakan untuk komunikasi antara Board Arduino dengan Komputer.

  1. Upload program
Nah, sekarang hanya tinggal klik tombol “Upload” pada software. Tunggu beberapa saat – anda dapat melihat led TX dan RX pada board berkelap-kelip. Bila upload berhasil akan ada pesan “Done uploading.” yang muncul pada status bar.

Gambar 7. Upload Program Arduino Ke Board Arduino

Beberapa saat setelah upload selesai, anda dapat melihat pin 13 (L) LED pada board mulai berkelap-kelip (warna oranye). Jika benar, selamat! Anda sudah berhasil menjalankan program contoh Arduino untuk Blink dan program-nya berjalan dengan sukses. Silahkan pelajari lebih lanjut untuk contoh-contoh program yang tersedia.
Demikian pengenalan singkat tentang “Menghubungkan Aplikasi Arduino IDE Dengan Board Arduino Pada Windows”. Untuk selanjutnya, kita akan mengulas tuntas mengenai “Membuat Program Dengan Arduino IDE” agar dapat mengetahui proses dalam memprogram Arduino tersebut sehingga mempermudah dalam proses membuat programnya.

Buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino silakan follow akun Google+ atau membaca pembahasan sebelum-sebelumnya diblog http://fungkynotes.blogspot.co.id dan jangan lupa subscribe channel youtube kami (fungky king) https://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil rancangan alat-alat yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan, sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.

Terima Kasih,
Salam Otomatisasi


Fungkyking
http://fungkynotes.blogspot.co.id

Kata Kunci: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi

Sumber:
·         www.arduino.ac.id


1 comment:

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir