//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Program Sensor Suhu LM35 Dengan Arduino UNO

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Tuesday 12 November 2019

Program Sensor Suhu LM35 Dengan Arduino UNO


Program Sensor Suhu LM35 Dengan Arduino UNO
Program Sensor Suhu LM35 Dengan Arduino UNO

  1. Pendahuluan
Sebelum kita membahas panjang lebar, jangan lupa singgah ke blog saya à http://festyy.com/wNiBaj untuk membaca materi-materi lainnya tentang Otomatisasi PLC maupun mikrokontroler dan juga Subscribe serta Like channel youtube saya di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil dari percobaan-percobaan dengan mikrokontroler yang telah dibuat.

Sensor suhu LM35 merupakan komponen elektronika yang berfungsi untuk mengubah besaran fisis yang berupa suhu menjadi besaran elektris tegangan. Sensor suhu LM35 memiliki parameter bahwa setiap kenaikan 1ºC tegangan keluarannya naik sebesar 10mV dengan batas maksimal keluaran sensor adalah 1,5 V pada suhu 150°C. Misalnya pada perancangan menggunakan sensor suhu LM35 kita tentukan keluaran adc mencapai full scale pada saat suhu 100°C, sehingga saat suhu 100°C tegangan keluaran transduser (10mV/°C x 100°C) = 1V.

Gambar 1. Bentuk Fisik LM35
Dari urutan pin-pin sensor LM35 diatas, adapun fungsi masing-masing pin adalah Pin 1 berfungsi sebagai sumber tegangan kerja dari LM35, pin 2 atau tengah digunakan sebagai tegangan keluaran atau Vout dengan jangkauan kerja dari 0 Volt sampai dengan 1,5 Volt dengan tegangan operasi sensor LM35 yang dapat digunakan antar 4 Volt sampai 30 Volt (Rekomendasi 12 Volt).
B.   Pembahasan
Mula-mula vcc sebesar 5 V digunakan untuk menghidupkan sensor LM35 yang akan mendeteksi suhu.  Keluaran sensor ini akan naik sebesar 10 mV setiap derajad celcius sehingga diperoleh persamaan sebagai berikut :

VLM35   = Suhu*10Mv

Secara prinsip sensor akan melakukan penginderaan pada saat perubahan suhu setiap suhu 1 ºC akan menunjukan tegangan sebesar 10 mV. Pada penempatannya LM35 dapat ditempelkan dengan perekat atau dapat pula disemen pada permukaan akan tetapi suhunya akan sedikit berkurang sekitar 0,01 ºC karena terserap pada suhu permukaan tersebut. Dengan cara seperti ini diharapkan selisih antara suhu udara dan suhu permukaan dapat dideteksi oleh sensor LM35 sama dengan suhu disekitarnya, jika suhu udara disekitarnya jauh lebih tinggi atau jauh lebih rendah dari suhu permukaan, maka LM35 berada pada suhu permukaan dan suhu udara disekitarnya .

Meskipun tegangan sensor suhu LM35 ini dapat mencapai 30 volt akan tetapi yang diberikan kesensor adalah sebesar 5 volt, sehingga dapat digunakan dengan catu daya tunggal dengan ketentuan bahwa LM35 hanya membutuhkan arus sebesar 60 µA hal ini berarti LM35 mempunyai kemampuan menghasilkan panas (self-heating) dari sensor yang dapat menyebabkan kesalahan pembacaan yang rendah yaitu kurang dari 0,5 ºC pada suhu 25 ºC.
C.   Perancangan
Setelah memahami mekanisme prinsip kerja dari sensor LM35 tersebut, selanjutnya kita merancang rangkaian yang akan menghubungkan sensor LM35 dengan Arduino UNO seperti gambar 2 rangkaian dibawah ini.
Gambar 2. Rangkaian LM35 Dengan Arduino UNO

Rangkaian sensor LM35 telah dirancang dan tahap selanjutnya adalah pengujian sensor suhu LM35 dilakukan untuk melihat respon pembacaan sensor suhu LM35 terhadap perubahan suhu cairan. Pengujian sensor suhu terhadap cairan dilakukan berdasarkan dengan variasi waktu pengamatan yang berbeda-beda hingga mendapatkan kondisi pembacaan yang stabil dari sensor suhu LM35.

Program untuk pengujian yang dilakukan memanfaatkan pin ADC yang akan mengubah hasil pembacaan dari yang awalnya berupa analog menjadi data digital. Hasil pengubahan digunakan untuk diproses sistem untuk ditampilkan sebagai hasil pegamatan suhu. Program untuk memonitor suhu dapat dilihat dibawah ini.

#include <Wire.h>
#include <LiquidCrystal_I2C.h>

LiquidCrystal_I2C lcd(0x27,16,2);  // set the LCD address to 0x27 for a 16 chars and 2 line display
//declare variables
float suhuC;
int analog_value[2], i;

void setup() {
  lcd.begin();}
void loop()
{
  int analog_value = analogRead(A1);

float suhud = (analog_value / 1024.0)* 5000; //konversi data analog menjadi milivolt
suhuC = suhud/10; //konversi kedalam celsius dengan persamaan 1derajat/10mv
delay(10);
Serial.println((byte)suhuC); //mengirimkan data ke serial komputer
  lcd.clear();
  lcd.setCursor(0,0);
  lcd.print("Suhu : ");
  lcd.print(suhuC,0);
delay(1000); //waktu tunggu 1 detik
}

Program pembacaan diatas bekerja dengan mengolah data yang diterima dari pin analog secara terus menerus, hal ini dimaksudkan untuk menangkap data dari sensor suhu yang dimasukkan kedalam cairan. Proses pengujian seperti pada Gambar 3. dimana berdasarkan pengujian yang dilakukan, maka didapatkan data stabilitas pembacaan sensor suhu yang disajikan pada Tabel 1 sebagai berikut:

Gambar 3. Proses Pengujian Sensor Suhu LM35

Gambar 4. Pengamatan Sensor Suhu LM35

Tabel 1. Hasil Pengujian Sensor Suhu LM35
No
Sensor L35 (Celcius)
Thermometer (Celcius)
Lama Pengamatan (menit)
Error (100%)
1
31
31
1
0
2
31
31
2
0
3
32
31
3
3.13
4
32
30
4
6.25
5
31
30
5
3.23
6
31
31
6
0
7
32
31
7
3.13
8
32
31
8
3.13
9
32
31
9
3.13
10
31
31
10
0
Error Rata-rata (%)
22

Berdasarkan hasil pengujian pembacaan sensor suhu LM35 pada Tabel 1 diamati bahwa terdapat penyimpangan pembacaan suhu dengan error rata-rata sekitar 22% dalam waktu pengamatan sekitar 10 menit. Penyimpangan yang terjadi dapat diakibatkan banyak faktor baik dari sisi media pengamatan, akumulasi faktor error perstep pengamatan, stabilitas tegangan maupun faktor pelindung sensor.

  1. Penutup
Demikian penjabaran singkat tentang “Program Sensor Suhu LM35 Dengan Arduino UNO”. Untuk selanjutnya, buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino ataupun sistem Automation lainnya silakan follow akun sosial media saya di facebook “fungkyking” juga diblog saya di http://festyy.com/wNiBaj dan jangan lupa subscribe serta Like channel youtube saya juga di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat tulisan-tulisan serta hasil rancangan alat-alat berbasis mikrokontroler yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan yang mana semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan, sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.
           
Terima Kasih,
Salam Otomatisasi


Afriansyah, S.T.
(Fungky King)
fungkyking01@gmail.com

Kata Kunci / Keywords: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, programming, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi, PWM, ADC, LED, Blink, I2C (Inter-Integrated Circuit), Two-wire (TWI), Program LCD 16X2 I2C (Inter-Integrated Circuit), Sensor Suhu LM35

Referensi / Reference:



No comments:

Post a Comment

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir