//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Pengamatan Data Menggunakan “Serial Monitor”

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Tuesday 6 August 2019

Pengamatan Data Menggunakan “Serial Monitor”


Pengamatan Data Menggunakan “Serial Monitor”

Memprogram Arduino
Arduino merupakan sebuah mikrokontroler yang bersifat Stand Alone Controller dimana ia bekerja sendiri (Kasian…hehe) untuk meminimalis sistem yang dijalankan. Sehingga tidak terdapat perangkat-perangkat tambahan dalam penjualannya seperti Monitor, LCD, Tombol-tombol dan lainya. Perangkat tambahan tersebut digunakan mikrokontroler tergantung dari sistem yang akan dibuat, misalnya sebagai sistem monitoring suhu ruangan, data logger, dll.

Jika tanpa sebuah monitor atau LCD, bagaimana caranya mengetahui apakah program yang telah kita rancang hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Pada pembahasan sebelum-sebelumnya mengenai “Bagian-bagian aplikasi Arduino IDE (Integrated Development Environment)” telah kita jabarkan fitur-fitur yang ada pada aplikasi Arduino IDE. Salah satu fitur yang ada yaitu “Serial Monitor” yang dapat diakses melalui menu Tools à Serial Monitor disoftware Arduino IDE.

Dengan memanfaatkan fitur Serial Monitor, layar pada leptop/komputer dapat difungsikan menjadi penampil atau memonitor data maupun tulisan yang telah kita buat dalam program yang sedang dijalankan oleh Arduino. Adapun yang harus diperhatikan ketika menggunakan fitur ini yaitu USB Arduino yang digunakan untuk mendownload program harus dalam keadaan terhubung ke leptop/komputer dan juga program untuk menampilkan tulisan atau data pada Serial Monitor telah dibuat.

Fitur ini menggunakan sistem serial seperti pada pembahasan “Menyapa Arduino Dengan “Hello World” untuk menampilkan data/tulisan, namun program Arduino telah dilengkapi dengan serial port library yang memudahkan programmer untuk membuat program komunikasi serial. Berikut adalah serial port library yang tersedia pada program Arduino:
1.    Serial.available()
2.    Serial.begin()
3.    Serial.end()
4.    Serial.find()
5.    Serial.print()
6.    Serial.read()
7.    Serial.write()

Tentunya dari beberapa fungsi serial port diatas untuk menampilkan sebuah data kita menggunakan fungsi Serial.printf(), sehingga setiap perubahan data atau tulisan akan terpantau pada layar leptop/komputer tanpa harus menggunakan Monitor atau LCD. Berikut contoh program sederhana memonitor data ADC dengan serial monitor:

/*
Membaca data Analog dari pin 0, dengan menampilkan hasilnya kedalam serial monitor.
Test Program Dasar pembacaan Analog Serial Monitor Menggunakan Arduino
by Fungky King
*/
void setup() {
  // initialize serial communication at 9600 bits per second:
  Serial.begin(9600);
}
void loop() {
  // read the input on analog pin 0:
  int sensorValue = analogRead(A0);
  // print out the value you read:
Serial.print(ADC: );
  Serial.println(sensorValue);
  delay(1);        // delay in between reads for stability
}

Berikut Hasil dari pengamatan data ADC menggunakan Serial Monitor.

Gambar 1. Hasil Pengamatan Data ADC Dengan Serial Monitor

Catatan: Pastikan baudrate sudah sesuai dengan Arduino yaitu 9600 yang dapat dilihat pada sisi kanan bawah tampilan serial monitor.

Demikian penjabaran singkat tentang “Pengamatan Data Menggunakan "Serial Monitor"”. Untuk selanjutnya, buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino silakan follow akun sosial media saya di facebook “fungkyking” juga diblog saya http://festyy.com/wNiBaj dan jangan lupa subscribe channel youtubenya di (fungky king) https://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat tulisan-tulisan serta hasil rancangan alat-alat berbasis mikrokontroler yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan yang mana semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan, sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.
           
Terima Kasih,
Salam Otomatisasi


Afriansyah, S.T.
(Fungky King)
http://fungkynotes.blogspot.co.id

Kata Kunci / Keywords: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi

Referensi / Reference:

No comments:

Post a Comment

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir