//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Komunikasi Serial Dengan Arduino

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Monday 12 August 2019

Komunikasi Serial Dengan Arduino


Komunikasi Serial Dengan Arduino
Serial Communication with Arduino

  1. Pendahuluan
Berbicara mengenai Arduino, tentu sudah tidak asing lagi didunia mikrokontroler. Dengan sifat yang Open Source tentunya sudah banyak pembahasan serta contoh-contoh dari pemanfaatan menggunakan Arduino. Pada pembahasan kali ini, akan melanjutkan pembahasan tentang komunikasi serial yang ada pada Arduino.

Pembahasan mengenai komunikasi serial sudah pernah saya singgung pada materi yang berjudul “Menyapa Arduino Dengan “Hello World”” – http://destyy.com/wMatJW dan “Pengamatan Data Menggunakan Serial Monitor - http://ceesty.com/w3zODo”. Materi kali ini akan lebih fokus pada contoh-contoh program Komunikasi Serial yang terdapat pada Library Arduino, sehingga mempermudah seorang programmer untuk mempelajari perbedaan dari setiap fungsi-fungsi program serial yang digunakan Arduino.

  1. Penjelasan
Komunikasi data serial digunakan untuk komunikasi antara board Arduino dengan komputer atau perangkat lain. Semua board arduino mempunyai sedikitnya 1 buah port serial yang juga dikenal dengan nama UART atau USART. Komunikasi data serial menggunakan 2 buah pin yaitu pin RX untuk menerima data dan pin TX untuk mengirimkan data. Pada board Arduino pin RX terletak pada pin0 dan pin TX terletak pada pin1. Ketika board Arduino dikonfigurasikan untuk berkomunikasi secara serial, maka kedua yaitu pin0 dan pin1 tidak dapat digunakan sebagai pin input/output digital.

Pada sistem operasi windows XP dan sebelumnya terdapat program HyperTerminal yang dapat digunakan sebagai media berkomunikasi secara serial dengan hardware baik untuk menampilkan maupun mengamati perubahan data. Pada Windows versi terbaru seperti Win7, Win8 dan Vista program hyperterminal sudah tidak tersedia, tetapi hal ini tidak menjadi masalah untuk program Arduino IDE telah menyediakan serial monitor yang dapat dibuka dengan memilih menu tool – serial monitor atau dengan memencet shift-ctrl-M secara bersamaan.

  1. Pembahasan
Pada pebahasan “Menyapa Arduino Dengan “Hello World””, telah disinggung mengenai library Program Arduino yang memudahkan programmer untuk membuat program komunikasi serial. Berikut akan kita jabarkan satu-persatu fungsi dan contoh program serial port library yang tersedia pada program Arduino:

1.    Serial.available()
Digunakan untuk menyatakan angka, bytes atau karakter yang sudah siap dibaca dari serial port. Data ini adalah data yang telah diterima dan disimpan dalam serial receive buffer. Serial receive buffer dapat menampung 64 bytes data. Berikut merupakan contoh penulisan instruksi available.

int kirimdata = 0;  

void setup()
Serial.begin(9600);}

void loop()
{
  if (Serial.available() > 0)
{
   dataterkirim = Serial.read();
   Serial.print("data terbaca: ");
   Serial.println(kirimdata, DEC);
  }
}

2.    Serial.begin()
“begin()” digunakan untuk mengatur baudrate / kecepatan transmisi data. Beberapa pilihan kecepatan komunikasi data yang dapat digunakan pada board arduino adalah 300, 1200, 2400, 4800, 9600, 14400, 19200, 28800, 38400, 57600 atau 115200. Pengaturan baudrate dilakukan pada bagian setup(). Berikut ini format penulisan dan contoh program “begin()”

void setup() { Serial.begin(9600);}

3.    Serial.end()
Perintah “serial.end()” digunakan untuk menutup komunikasi serial port. Untuk membuka kembali komunikasi serial port dapat menggunakan perintah “Serial.begin()”. Berikut format penulisan dan contoh program.

Serial.end

4.    Serial.find()
Perintah “Serial.find() digunakan untuk membaca data dari serial port buffer hingga target yang ditentukan dalam perintah “Serial.find()” terpenuhi. Fungsi akan bernilai benar jika target tercapai dan bernilai salah jika target tidak tercapai. Berikut ini contoh penulisan program “Serial.find()”.

Serial.find

5.    Serial.print()
Perintah “Serial.print” digunakan untuk menampilkan data ke serial monitor. Data yang ditampilkan dapat berupa karakter, bytes, atau angka. Berikut ini beberapa contoh perintah “serial.print()”.

Serial.print(78)                // mencetak "78"
Serial.print(1.23456)           // mencetak "1.23"
Serial.print('N')               // mencetak "N"
Serial.print("Hello world.")    // mencetak "Hello world."
Serial.print(78, BIN)           // mencetak "1001110"
Serial.print(78, OCT)           // mencetak "116"
Serial.print(78, DEC)           // mencetak "78"
Serial.print(78, HEX)           // mencetak "4E"
Serial.println(1.23456, 0)      // mencetak "1"
Serial.println(1.23456, 2)      // mencetak "1.23"
Serial.println(1.23456, 4)      // mencetak "1.2346"

Catatan: Terdapat 2 macam yaitu Serial.print dan Serial.println. perbedaannya adalah jika “Serial.print” akan menampilkan data di serial monitor dalam satu baris, tetapi perintah “Serial.println” akan menampilkan data di serial monitor pada baris baru.

6.    Serial.read()
Perintah “Serial.read()” digunakan untuk membaca data dari serial port. Berikut contoh penulisan perintah “Serial.read()”

void loop()
{
  if (Serial.available() > 0)
{
   dataterkirim = Serial.read();
   Serial.print("saya menerima data: ");
   Serial.println(dataterkirim, DEC);
  }
}

7.    Serial.write()
Perintah “Serial.write” digunakan untuk membaca data biner dari serial port. Data ini dikirim dalam bentuk byte atau deretan data byte. Contoh penulisan perintah “Serial.write”.

void setup(){
  Serial.begin(9600);
}

void loop(){
  Serial.write(45);
   int bytesSent = Serial.write(“hello”);
}

Demikian penjabaran singkat tentang “Komunikasi Serial Dengan Arduino”. Untuk selanjutnya, buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino silakan follow akun sosial media saya di facebook “fungkyking” juga diblog saya http://festyy.com/wNiBaj dan jangan lupa subscribe channel youtubenya di (fungky king) https://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat tulisan-tulisan serta hasil rancangan alat-alat berbasis mikrokontroler yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan yang mana semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan, sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.
           
Terima Kasih,
Salam Otomatisasi


Afriansyah, S.T.
(Fungky King)
http://fungkynotes.blogspot.co.id

Kata Kunci / Keywords: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, Programming, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi

Referensi / Reference:



No comments:

Post a Comment

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir