//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Menyapa Arduino Dengan “HELLO WORLD”

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Thursday 25 April 2019

Menyapa Arduino Dengan “HELLO WORLD”


Menyapa Arduino Dengan
“HELLO WORLD”

Halo semuanya, bagaimana kabar kalian? Semoga baik-baik saja. Langsung saja kali ini saya akan membahas tentang membuat sebuah program sederhana ketika pertama kali menggunakan fasilitas serial monitor. Jadi perlu diketahui, dalam memprogram Arduino terdapat dua buah program dasar yang biasanya digunakan untuk menguji Arduino ketika pertama kali digunakan yang pertama adalah program Blink (http://destyy.com/wMawok)  dan kedua adalah program “Hello World” (http://destyy.com/wMatJW).

Konsep dasar dari program Hello World adalah menggunakan komunikasi data serial, Komunikasi data serial digunakan untuk komunikasi antara board Arduino dengan komputer atau perangkat lain. Semua board Arduino mempunyai sedikitnya 1 buah port serial yang juga dikenal dengan nama UART atau USART.

Komunikasi data serial menggunakan 2 buah pin yaitu pin RX untuk menerima data dan pin TX untuk mengirimkan data. Pada board Arduino pin RX terletak pada pin0 dan pin TX terletak pada pin1. Ketika board Arduino dikonfigurasikan untuk berkomunikasi secara serial, maka kedua pin0 dan pin1 tidak dapat digunakan sebagai pin input/output digital.

Program Arduino telah dilangkapi dengan serial port library yang memudahkan programmer untuk membuat program komunikasi serial. Berikut adalah serial port library yang tersedia pada program Arduino:

1.    Serial.available()
2.    Serial.begin()
3.    Serial.end()
4.    Serial.find()
5.    Serial.print()
6.    Serial.read()
7.    Serial.write()

Tentunya dari beberapa fungsi serial port diatas sudah sering kita gunakan, Namun pada pembuatan program dasar seperti “Hello World” hanya dibutuhkan beberapa fungsi saja. Berikut dibawah ini adalah program dasar dari pemprograman Hello World.


//Test Program Dasar Serial Monitor Menggunakan Arduino
// by Fungky King
void setup()
{
Serial.begin(9600);
}

void loop()
{
Serial.print("Hello World");
delay(2000);
}

Setelah program diatas diketikkan pada software Arduino IDE, maka tahap selanjutnya lakukan proses Upload kedalam board Arduinonya tunggu sampai proses selesai sampai ada tanda Done Uploading. Untuk melihat hasilnya klik menu Tools >> Serial Monitor maka hasilnya akan muncul seperti gambar berikut.


Gambar 1. Hasil Pemprograman Hello World

Sedangkan untuk penjelasan tentang fungsi-fungsi dari tiap-tiap bagian program diatas adalah sebagai berikut:

a.    Void Setup()  adalah fungsi yang dijalankan secara otomatis pertama kali oleh board Arduino, dimana Semua kode program yang ada dalam void setup akan dibaca sekali oleh Arduino. Biasanya isinya berupa kode perintah untuk menentukan fungsi pada sebuah pin atau deklarasi INPUT/OUTPUT.

b.    “begin()” digunakan untuk mengatur baudrate / kecepatan transmisi data. Beberapa pilihan kecepatan komunikasi data yang dapat digunakan pada board arduino adalah 300, 1200, 2400, 4800, 9600, 14400, 19200, 28800, 38400, 57600 atau 115200. Pengaturan baudrate dilakukan pada bagian setup().

c.    Void loop() melakukan proses dimana semua kode yang ada disini akan dibaca berulang kali (terus menerus) oleh Arduino

d.    Perintah “Serial.print” digunakan untuk menampilkan data ke serial monitor. Data yang ditampilkan dapat berupa karakter, bytes, atau angka.

e.    delay(2000) merupakan pernyataan untuk melakukan penundaan selama 2000 milidetik atau 2 detik dari proses akhir pembacaan program sebelumnya dimana Arduino akan mengulang proses pembacaan program dari awal kembali.


Demikian penjabaran tentang “Menyapa Arduino Dengan “Hello World””. Untuk selanjutnya, buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino silakan follow akun sosial media saya di facebook “fungkyking” juga diblog saya http://festyy.com/wNiBaj dan jangan lupa subscribe channel youtubenya di (fungky king) https://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat tulisan-tulisan serta hasil rancangan alat-alat berbasis mikrokontroler yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan yang mana semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan, sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.
           
Terima Kasih,
Salam Otomatisasi


Afriansyah, S.T.
(Fungky King)
http://fungkynotes.blogspot.co.id

Kata Kunci / Keywords: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi

Referensi / Reference:



No comments:

Post a Comment

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir