//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Program Blink Dengan Arduino IDE

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Wednesday 20 March 2019

Program Blink Dengan Arduino IDE


Program Blink Dengan Arduino IDE

LED OnBoard (Home Blog)
Program Blink atau biasa dibilang LED Blink untuk para pengguna Arduino tentu sudah tidak asing lagi. Program Blink biasanya digunakan untuk menguji komunikasi antara Arduino dengan software Arduino IDE dan juga untuk mengetahui respon dari Board Arduino apakah bekerja dengan baik. Hasil yang didapatkan ketika menggunakan program Blink yaitu LED pada Board Arduino akan berkedip cepat atau lambat tergantung waktu yang disetting.

Berikut adalah program Blink yang akan kita bahas dimana contoh programnya juga terdapat pada software Arduino IDE.

/* Program Uji Test Komunikasi Antara Arduino dan Software Arduino IDE*/

void setup() {
  //initialize digital pin 13 as an output.
  pinMode(13, OUTPUT);
}

// the loop function runs over and over again forever
void loop() {
  digitalWrite(13, HIGH);   // turn the LED on (HIGH is the  
voltage level)
  delay(1000);              // wait for a second
  digitalWrite(13, LOW);    // turn the LED off by making the
voltage LOW
  delay(1000);              // wait for a second
}

Program Blink diatas menggunakan fungsi-fungsi dasar dalam pemprograman C dimana berikut adalah penjabaran tentang fungsi yang digunakan:

  1. pinMode(pin, SET)
Fungsi ini digunakan untuk menginisialisasi sebuah pin, dan menentukan pin tersebut akan digunakan sebagai input ataupun output. Nilai SET dapat diisi OUTPUT atau INPUT, tergantung dari kebutuhan. Sedangkan nilai pin adalah nomor pin pada mikrokontroler Arduino yang akan diset sebagai input atau output. Contoh: pinMode(13,OUTPUT); artinya kita menentukan pin digital 13 pada Arduino berfungsi sebagai output begitu juga sebaliknya, jika dituliskan INPUT maka pin yang telah dideklarasi didepannya menjadi fungsi INPUT data maupun pembacaan dari sensor yang dihubungkan.

  1. digitalWrite(pin, VAL)
Fungsi ini digunakan untuk menuliskan nilai secara digital pada suatu pin. Nilai VAL dapat berupa HIGH (ON) atau LOW (OFF) dan nilai pin adalah nomor pin pada Arduino yang akan diset.
Contoh: digitalWrite(13, HIGH);
artinya pin digital 13 diset pada kondisi menyala, namun jika menggunakan LOW hal itu mengidentifikasikan bahwa LED pada kondisi mati.

  1. delay(time)
Fungsi ini digunakan untuk memberikan jeda antar fungsi. Nilai time adalah waktu lamanya jeda dalam satuan ms (milisekon), di mana 1 detik setara dengan 1.000 milisekon.     
Setelah kita bahas fungsi-fungsi dasar dari penulisan program diatas, maka berikut akan kita ulas tuntas mengenai intruksi-intruksi dan struktur yang digunakan dalam membuat serta menulis program Blink seperti diatas yaitu:

  1. Tanda Komentar (/*…*/)
Pada kode pertama ada garis miring diikuti tanda bintang (/*) terus berisi kometar dan diakhir komentar diikuti tanda bintang juga garis miring (*/) atau bisa digambarkan seperti dibawah ini :

/*
---berisi komentar---
---berisi komentar---                  ini disebut multi-line coment
---berisi komentar---
*/

  • multi-line coment bermanfaat untuk menjelaskan pernyataan – pernyataan yang cukup panjang yang lebih dari satu baris kalimat. Didalamnya anda bebas menulis apapun yang mungkin bertujuan menjelaskan prinsip kerja suatu program atau teori dasar suatu program dll. O..iya dalam pembuatan multi-line coment, garis miring dan tanda bintang  jangan mengunakan jarak atau spasi.

  1. Garis Miring (//)
Pada kode selanjutnya ada 2 garis miring (//) yang diikuti komentar. Lihat gambaran dibawah ini :

//-------------berisi komentar---------------
void setup()
{ Source Code} //---berisi komentar---              ini disebut single line coment
void loop()
{ Source Code} //---berisi komentar---

  • single line coment bermanfaat untuk menjelaskan pernyataan – pernyataan yang pendek yang hanya bersisi satu baris kalimat tidak bisa lebih. Dalam pembuatan single line coment. Garis miring ke garis miring selanjutnya tidak boleh mengunakan jarak atau spasi.

  1. void setup()
void setup() merupakan code yang harus ada dalam pembuatan program di arduino yang fungsinya untuk mendefinisikan perintah-perintah dari suatu variabel, atau mendefinisikan perilaku dari suatu objek. kode yang ditulis setelah void setup() harus diawalin dengan kurung kurawal "{" dan diakhiri "}". pendefinisian ini hanya berjalan satu kali pada saat arduino dijalankan atau ketika arduino di reset.

  1. Deklarasi Variable
Selanjutnya didalam kurung kurawal void setup() tedapat kode:

pinMode(13, OUTPUT);

ini mengartikan pin no. 13 pada arduino diatur agar berperilaku sebagai OUTPUT.

  1. Void loop()
void loop() merupakan kode utama yang pasti ada dalam pembuatan program di arduino yang fungsinya untuk menjalankan perintah-perintah yang telah diupload secara berulang-ulang dan terus-menerus selama arduino diberi daya.  kode yang ditulis setelah void loop() harus diawalin dengan kurung kurawal "{" dan diakhiri "}".

>> Selanjutnya didalam kurung kurawal void loop() terdapat kode :

digitalWrite(13, HIGH);
delay(1000);

Ini mengartikan di pin digital no. 13 arduino mengalir teggangan 5V atau 3.3V (HIGH) yang artinya menyuruh LED untuk ON dan diberi jeda/delay selama 1000 milidetik (1 detik) sebelum menjalankan perintah selanjutnya.

digitalWrite(13, LOW);
delay(1000);

Ini mengartikan di pin digital no. 13 arduino mengalir tegangan 0V atau kurang dari 3.3V (LOW) yang artinya menyuruh LED untuk OFF dan diberi jeda/delay selama 1000 milidetik (1 detik) sembelum kembali ke looping awal.

Selain menggunakan LED yang sudah terintegrasi dengan Board Arduino, kita juga dapat merangkai rangkaian LED sederhana dimana untuk perangkaian LED ke board Arduino cukup simpel dimana kita hanya tinggal memasukan kaki LED yang positif (+) ke pin 13, dan kaki yang negatif (-) ke GND / ground.

Penjabaran mengenai program Blink diatas juga sudah pernah ada pada pembahasan-pembahasan sebelumnya pada blog (https://fungkynotes.blogspot.com/2019/02/instruksi-instruksi-dasar-pada.html dan https://fungkynotes.blogspot.com/2019/02/apa-itu-sketch-arduino.html).

Demikian penjabaran tentang “Program Blink Dengan Arduino IDE”. Untuk selanjutnya, buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino silakan follow akun Google+ atau membaca pembahasan sebelum-sebelumnya diblog http://fungkynotes.blogspot.co.id atau di http://festyy.com/wNiBaj dan jangan lupa subscribe channel youtube kami (fungky king) https://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil rancangan alat-alat berbasis mikrokontroler yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan, sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.

Terima Kasih,
Salam Otomatisasi



Afriansyah, S.T. (Fungky King)
http://fungkynotes.blogspot.co.id

Kata Kunci / Keywords: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi

Referensi / Reference:
·         www.arduino.ac.id
·         www.google.com
·         http://festyy.com/wNiBaj


1 comment:

  1. Terima kasih mas. Konten blognya sangat membantu. Boleh saya minta kontak WA mas untuk bisa belajar lebih banyak terutama mengenai coding HMC5883L menggunakan CVAVR yang telah mas posting tutorialnya di youtube? Terima kasih. Bantuan mas sangat berarti untuk penyelesaian tugas akhir saya :")

    ReplyDelete

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir