//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Menampilkan Text "Hello World" Pada LCD 16X2

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Thursday 5 December 2019

Menampilkan Text "Hello World" Pada LCD 16X2


Menampilkan Text "Hello World" Pada LCD 16X2


  1. Pendahuluan
Sebelum kita membahas panjang lebar, jangan lupa singgah ke blog saya à http://festyy.com/wNiBaj untuk membaca materi-materi lainnya tentang Otomatisasi PLC maupun mikrokontroler dan juga Subscribe serta Like channel youtube saya di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil dari percobaan-percobaan dengan mikrokontroler yang telah dibuat.

Dalam pembahasan-pembahasan sebelumnya sudah dijabarkan penjelasan secara detail dari gambar rangkaian LCD dengan Arduino, program LCD 16X2 menggunakan Arduino, jenis-jenis komunikasi LCD dengan Arduino. Kali ini kita akan membuat program untuk menampilkan text “Hello World” menggunakan LCD 16X2 langsung tanpa module tambahan seperti I2C dll.

  1. Pembahasan
Langsung saja, berikut adalah rangkaian antara LCD 16X2 dengan Arduino UNO, dimana yang WAJIB diperhatikan adalah PIN yang akan dihubungkan dari LCD ke Arduino dalam hal ini Arduino UNO. Sehingga dalam pembuatan programnya akan lebih mudah dan LCD dapat bekerja dengan baik.

Gambar 01. Rangkaian LCD 16X2 Dengan Arduino UNO
Berikut adalah program untuk koneksi LCD dengan Arduino UNO,
 
#include <LiquidCrystal.h>

// LCD Display
LiquidCrystal lcd(12, 13, 8, 9, 10, 11); //LiquidCrystal lcd(RS, E, D4, D5, D6, D7), initialize the library with the numbers of the interface pins

void setup()
{
 lcd.begin(16,2); //16 columns and 2 rows in the lcd display
 Serial.begin(9600);
}

void loop()
{
  lcd.clear();
  lcd.setCursor(0,0);
  lcd.print("hello, world!");
  delay(1000);
}

Untuk penjelasan dari program LCD diatas, sudah pernah dibahas pada pembahasan sebelum-sebelumnya jadi silahkan dibaca untuk lebih mendalami penjelasan programnya. Tapi, yang perlu dicatat adalah pada program bagian berikut: LiquidCrystal lcd(12, 13, 8, 9, 10, 11); //LiquidCrystal lcd(RS, E, D4, D5, D6, D7),

Potongan program diatas merupakan inisialisasi untuk koneksi antara LCD dengan Arduino UNO, sehingga perlu dicatat dan diperhatikan PIN dari kedua alat terhubung ke nomer PIN berapa. Dibawah ini adalah hasil dari program LCD diatas:
 
Gambar 02. Hasil Pengujian Tampilan LCD 16x2 (http://fungkynotes.blogspot.co.id)
  1. Penutup
Demikian penjabaran singkat tentang “Menampilkan Text “Hello World” Pada LCD 16X2”. Untuk selanjutnya, buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino ataupun sistem Automation lainnya seperti PLC silakan follow akun sosial media saya di facebook “fungkyking” juga diblog saya di http://festyy.com/wNiBaj dan jangan lupa subscribe serta Like channel youtube saya juga di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat tulisan-tulisan serta hasil rancangan alat-alat berbasis mikrokontroler yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan yang mana semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan, sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.
           
Terima Kasih,
Salam Otomatisasi


Afriansyah, S.T.
(Fungky King)
fungkyking01@gmail.com

Kata Kunci / Keywords: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, programming, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi, PWM, ADC, LED, Blink, I2C (Inter-Integrated Circuit), Two-wire (TWI), Program LCD 16X2 I2C (Inter-Integrated Circuit), Sensor Suhu LM35, LCD (Liquid Crystal Display)

Referensi / Reference:



No comments:

Post a Comment

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir