//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Aplikasi Sensor LDR (Light Dependent Resistor)

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Monday 4 May 2020

Aplikasi Sensor LDR (Light Dependent Resistor)


Aplikasi Sensor LDR (Light Dependent Resistor)
Aplikasi Sensor LDR


  1. Pendahuluan
Sebelum akan membahas materi, jangan lupa singgah ke blog saya à http://festyy.com/wNiBaj dan klik Follow agar tidak ketinggalan membaca tulisan materi-materi lainnya tentang Otomatisasi PLC maupun mikrokontroler dan juga Subscribe serta Like channel youtube saya di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil dari percobaan-percobaan dengan mikrokontroler yang telah dibuat.

Sekilas mengingat tentang sensor LDR, Sensor LDR (Light Dependent Resistor) merupakan salah satu komponen elektronika yang masuk ke dalam keluarga resistor yang dimana nilai resistansinya dipengaruhi oleh intensitas cahaya.

Gambar 01. Bentuk Fisik Sensor dan Simbol LDR


Pada saat kondisi terang akan berefek pada nilai resistansi LDR yang cenderung menurun sedangkan pada saat kondisi gelap nilai resistansinya pada LDR akan cenderung menjadi tinggi.

Sehingga pada saat itu juga, kondisi terang akan beakibat nilai output (tegangan analog) yang dihasilkan akan mengecil sedangkan pada saat kondisi gelap tegangan analog yang dihasilkan akan semakin membesar. Pada umumnya, nilai resistansi LDR mencapai nilai 200 kΩ pada kondisi gelap sedangkan pada saat kondisi terang naik menjadi 500 kΩ (Untuk lebih jelasnya silahkan lihat datasheet).

  1. Pembahasan
B.1 Aplikasi Sensor LDR
Penggunaan atau aplikasi sensor cahaya pada peralatan dikehidupan sehari cukup banyak baik dari level yang sederhana hingga yang menggunakan teknologi canggi seperti robotika dan lain sebagainya.

Berikut beberapa daftar dari Aplikasi Sensor LDR (Light Dependent Resistor) :

           Rangkaian sensor cahaya
           Lampu otomatis di jalan raya
           Alarm brankas
           Tracker cahaya matahari
           Kontrol arah solar cell
           Robot line follower
           Dan lain sebagainya

Dari beberapa list aplikasi diatas dapat kita contohkan hal yang paling sederhana yaitu Lampu otomatis penerangan jalan raya. Lampu penerangan dijalan raya menggunakan sensor cahaya atau LDR dengan karakteristik yang berbeda dari sensor LDR yang biasanya dipakai pada aplikasi elektronika namun dengan prinsip kerjanya yang sama.
Gambar 02. Sensor Cahaya Lampu Jalan Raya

Sedangkan untuk pengaplikasian pada bidang elektronika seperti robotika, modul sensor LDR sudah banyak dijual dipasaran dengan model tidak hanya sensornya saja melainkan sudah terdapat sebuah potensiometer yang berfungsi mengatur besaran nilai resistan sebagai sensitifitas yang dapat dibaca oleh sensor tersebut. Berikut adalah gambar dari modul sensor LDR dipasaran:
Gambar 03. Modul Sensor LDR

Untuk contoh implementasi sensor LDR menggunakan mikrokontroler dapat dibaca lebih lengkap pada pembahasan diblog saya yang berjudul “Program Sensor LDR (Light Dependent Resistor) Menggunakan Arduino”.

Pada pembahasan yang berjudul “Program Sensor LDR (Light Dependent Resistor) Menggunakan Arduino”, akan dibahas membuat aplikasi sederhana dari sensor LDR menggunakan mikrokontroler Arduino dan tentunya dengan contoh programnya sekalian yang telah saya sertakan.

  1. Penutup
Demikian penjabaran singkat tentang “Aplikasi Sensor LDR (Light Dependent Resistor)”. Untuk selanjutnya, buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino ataupun sistem Automation lainnya seperti PLC silakan follow akun sosial media saya di facebook “fungkyking” juga diblog saya di http://festyy.com/wNiBaj dan jangan lupa subscribe serta Like channel youtube saya juga di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat tulisan-tulisan serta hasil rancangan alat-alat berbasis mikrokontroler yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan yang mana semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan, sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.
           
Terima Kasih,
Salam Otomatisasi


Afriansyah, S.T.
(Fungky King)
fungkyking01@gmail.com

Kata Kunci / Keywords: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, programming, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi, PWM, ADC, LED, Blink, I2C (Inter-Integrated Circuit), Two-wire (TWI), Program LCD 16X2 I2C (Inter-Integrated Circuit), Sensor Suhu LM35, LCD (Liquid Crystal Display), Motor Servo, Potensiometer, Sensor LDR

Referensi / Reference:

No comments:

Post a Comment

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir