//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Mengatur Sudut Motor Servo Dengan Program Arduino

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Sunday 1 March 2020

Mengatur Sudut Motor Servo Dengan Program Arduino


Mengatur Sudut Motor Servo
Dengan Program Arduino
Mengatur Sudut Motor Servo Dengan Program Arduino

A.   Pendahuluan
Sebelum kita membahas panjang lebar, jangan lupa singgah ke blog saya à http://festyy.com/wNiBaj dan klik Follow agar tidak ketinggalan membaca tulisan-tulisan baru materi-materi lainnya tentang Otomatisasi PLC maupun mikrokontroler dan juga Subscribe serta Like channel youtube saya di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil dari percobaan-percobaan dengan mikrokontroler yang telah dibuat.

Pada pembahasan sebelum-sebelumnya diblog tentang “Belajar Tentang Dasar Motor Servo” dan “Membahas Jenis-Jenis Beserta Kelebihan Dan Kekurangan Motor Servo”, telah kita jabarkan dengan cukup rinci apa itu Motor Servo dan jenis-jenisnya sehingga kali ini langsung saja kita akan mengimplementasikan caranya mengatur sudut servo dengan program Arduino.

  1. Pembahasan
Seperti yang telah kita pelajari, Motor Servo bekerja berdasarkan sinyal PWM yang diberikan dari mikrokontroler atau dalam hal ini Arduino. Pada umumnya terdapat dua jenis Motor Servo yang dijual di pasaran, yaitu Motor Servo rotation 180 dan Motor Servo rotation continuous. Motor servo standard (servo rotation 180) adalah jenis yang paling umum dari motor servo, dimana putaran  poros outputnya terbatas hanya 90 kearah kanan dan 90 kearah kiri. Dengan kata lain total putarannya hanya setengah lingkaran atau 180. Motor servo rotation continuous merupakan jenis motor servo yang sebenarnya sama dengan jenis servo standard, hanya saja perputaran porosnya tanpa batasan atau dengan kata lain dapat berputar terus, baik ke arah kanan maupun kiri.

Gambar 01. Motor Servo 180 Pada Aplikasi Kaki Robot
(http://zonaelektro.net)

  1. Perancangan
Sebelum kita mulai membuat sebuah program, terlebih dahulu rancanglah rangkaian Motor Servo yang terkoneksi dengan Board Arduino. Berikut adalah rangkaian antara Motor Servo dan Arduino UNO.

Gambar 02. Rangkaian Motor Servo Dengan Arduino UNO

Setelah rangkaian selesai dibuat, maka selanjutnya kita membuat program untuk mengendalikan sudut Motor Servo menggunakan aplikasi bawaan dari Arduino yaitu Arduino IDE. Dengan menggunakan Arduino IDE, seorang programmer tidak perlu membuat program dari awal, dikarenakan dalam aplikasi tersebut sudah disediakan contoh program untuk berbagaimacam jenis sensor dan peralatan lainnya.

Dalam hal ini saya menggunakan Arduino IDE versi 1.5.6 dimana untuk mencari contoh program Motor Servo yaitu dengan cara “Klik Aplikasi Arduino IDE à Pilih Menu FILE à Examples à Servo à Sweep. Setelah dipilih maka akan muncul contoh program Motor Servo yang akan kita gunakan seperti pada gambar dibawah ini. Untuk memprogram Motor Servo kita akan menggunakan library yang sudah ada, atau bawaan aplikasi Arduinonya sehingga tidak perlu add library lagi.

Program Arduino Kendali Sudut Motor Servo:


#include <Servo.h>

Servo myservo;  // create servo object to control a servo
                // twelve servo objects can be created on most boards

int pos = 0;    // variable to store the servo position

void setup()
{
  myservo.attach(3);  // attaches the servo on pin 9 to the servo object
}

void loop()
{
  for(pos = 0; pos <= 180; pos += 1) // goes from 0 degrees to 180 degrees
  {                                  // in steps of 1 degree
    myservo.write(pos);              // tell servo to go to position in variable 'pos'
    delay(15);                       // waits 15ms for the servo to reach the position
  }
  for(pos = 180; pos>=0; pos-=1)     // goes from 180 degrees to 0 degrees
  {                                
    myservo.write(pos);              // tell servo to go to position in variable 'pos'
    delay(15);                       // waits 15ms for the servo to reach the position
  }
}

Motor Servo bergerak berdasarkan sinyal pulse yang dikirimkan ke bagian input motor servo. Di arduino sendiri sinyal pulse itu, dikirim berdasarkan derajat. Misal kita kirim 10 derajat, maka servo akan berada di posisi 10 derajat, jika kita kirim 80 maka akan bergerak ke posisi 80 begitu seterusnya pada sudut-sudut yang diinginkan.

Penjelasan:

Berikut adalah penjabaran dari program kendali sudut motor servo diatas:

  1. #include <Servo.h> digunakan untuk menyertakan library Servo pada program Arduino.
  2. Servo myservo; membuat variabel myservo (bisa diubah terserah kamu), untuk motor servo.
  3. myservo.attach(3); memilih atau mengatur pin 3 digital sebagai pin yang digunakan untuk motor servo pada variabel servoku.
  4. servoku.write(pos); mengatur posisi servo berdasarkan nilai parameter counting “pos”.
  5. for(pos = 0; pos <= 180; pos += 1), mengatur derajat sesuai kebutuh pergerakan servo kamu dalam hal ini diatur motor servo akan berputar dari sudut 0 (nol) derajat ke 180 derajat. Nilai derajat tersebut dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan aplikasinya.

Catatan: Motor Servo disarankan tidak bekerja secara terus menerus, dikarenakan dapat menyebabkan panas pada motor drivernya ataupun pada motor didalamnya. Hal ini dikarenakan, motor servo akan terus mempertahankan posisinya jika ada kekuatan eksternal yang mencoba memutar atau mengubah posisi tersebut, maka motor servo akan mencoba menahan atau melawan dengan besarnya kekuatan torsi yang dimilikinya (rating torsi servo).

  1. Penutup
Demikian penjabaran singkat tentang “Mengatur Sudut Motor Servo Dengan Program Arduino”. Untuk selanjutnya, buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino ataupun sistem Automation lainnya seperti PLC silakan follow akun sosial media saya di facebook “fungkyking” juga diblog saya di http://festyy.com/wNiBaj dan jangan lupa subscribe serta Like channel youtube saya juga di (fungky kinglink: https://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat tulisan-tulisan serta hasil rancangan alat-alat berbasis mikrokontroler yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan yang mana semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan, sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.
           
Terima Kasih,
Salam Otomatisasi


Afriansyah, S.T.
(Fungky King)
fungkyking01@gmail.com

Kata Kunci / Keywords: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, programming, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi, PWM, ADC, LED, Blink, I2C (Inter-Integrated Circuit), Two-wire (TWI), Program LCD 16X2 I2C, Sensor Suhu LM35, LCD (Liquid Crystal Display), Motor Servo

Referensi / Reference:


2 comments:

  1. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    More than 160 000 women and men are utilizing a easy and secret "liquids hack" to lose 1-2lbs each and every night in their sleep.

    It is very simple and it works on anybody.

    Just follow these easy step:

    1) Go get a clear glass and fill it up half glass

    2) Now do this crazy hack

    you'll become 1-2lbs lighter as soon as tomorrow!

    ReplyDelete

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir