//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Membahas Jenis-Jenis Beserta Kelebihan Dan Kekurangan Motor Servo

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Friday 24 January 2020

Membahas Jenis-Jenis Beserta Kelebihan Dan Kekurangan Motor Servo

Membahas Jenis-Jenis Beserta
Kelebihan Dan Kekurangan Motor Servo
Jenis-jenis Motor Servo

A.   Pendahuluan
Sebelum kita membahas panjang lebar, jangan lupa singgah ke blog saya à http://festyy.com/wNiBaj dan klik Follow agar tidak ketinggalan membaca tulisan materi-materi lainnya tentang Otomatisasi PLC maupun mikrokontroler dan juga Subscribe serta Like channel youtube saya di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil dari percobaan-percobaan dengan mikrokontroler yang telah dibuat.

Setiap teknologi tentunya memiliki berbagai jenis model dengan fungsi dan karakteristiknya masing-masing. Ada yang fungsinya dapat diaplikasikan pada sistem robotika, ada pula yang digunakan untuk aplikasi penggerak roda gigi dan lain sebagainya. Dari sedikit contoh diatas tentunya setiap fungsi memiliki jenis-jenis motor yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan dan kinerja dari motor servo tersebut, seperti motor servo jenis Positional Rotation yang digunakan pada mekanisme roda gigi agar putaran motor servo tidak melebihi batas dan masih banyak lagi.

Berikut ini akan kita bahas mengenai jenis-jenis dari motor servo tersebut dan juga kelebihan serta kekurangan menggunakan motor jenis motor servo pada implementasi sistem.
Gambar 01. Jenis-jenis Motor Servo


  1. Pembahasan
B.1 Jenis-Jenis Motor Servo
Motor servo ini memang biasanya terbagi dengan dua jenis utama, yaitu motor servo AC dan motor servo DC dimana motor servo AC ini lebih sering menangani arus yang tinggi atau beban berat yang biasa diaplikasikan pada mesin-mesin industri. Sedangkan motor servo DC biasanya lebih cocok untuk digunakan pada aplikasi-aplikasi yang lebih kecil. Disamping itu, ada juga jenis lain berdasarkan aplikasinya seperti brushless DC servo motor, positional rotation, continuous rotation and linear servo motor.

  • Positional rotation, merupakan motor servo yang paling umum dengan poros output berputar setengah lingkaran (0 – 180 deg) yang bisa bergerak searah ataupun berlawanan dengan arah jarum jam. Pada tipe ini terdapat roda gigi tambahan sebagai mekanisme pencegahan putaran motor servo melebihi batas. Tipe ini biasanya digunakan pada aplikasi seperti mainan, remote control pesawat terbang, mobil, robot arm (lengan robot).

  • Continous Rotation, merupakan tipe motor servo yang dapat berputar 360 derajat. Motor servo ini dapat berputar searah ataupun berlawanan arah jarum jam. Sesuai dengan namanya, motor servo ini tidak memiliki sudut defleksi putaran seperti motor servo yang lain melainkan berputar secara kontinyu. Motor servo continous rotation sering dipakai untuk Mobile Robot.

  • Linear servo motor, merupakan tipe motor servo yang bergerak secara linear atau maju mundur sesuai namanya. Perbedaannya dengan motor servo lainnya adalah adanya roda gigi tambahan dengan mekanisme rack and pinion untuk mengubah gerakan rotasi menjadi gerakan linear.

  • Brushless DC servo motor, merupakan tipe motor servo yang tidak menggunakan brush (sikat). Sebenarnya brushless servo motor ini sama seperti motor servo yang lain, perbedaan nya hanya pada pada proses komutasi yang sudah tidak menggunakan komutator mekanik dengan brush lagi, tetapi sudah menggunakan teknologi elektronik dalam proses komutasinya, yaitu sensor dan controller.
Biasanya motor servo brushless ini diaplikasikan pada sepeda motor listrik, mobil listrik, DVD player, cooling fan computer dan pesawat/kapal tanpa awak. Aplikasi motor servo brushless ini semakin meningkat karena lebih efisien dengan daya motor kecil pun sudah bisa menghasilkan putaran yang tinggi dan torsi yang besar jika dibandingkan dengan motor AC ataupun motor DC biasa.

B.2 Aplikasi Motor Servo
Pada umumnya terdapat dua jenis Motor Servo yang dijual di pasaran, yaitu Motor Servo rotation 180 dan Motor Servo rotation continuous. Motor servo standard (servo rotation 180) adalah jenis yang paling umum dari motor servo, dimana putaran  poros outputnya terbatas hanya 90 kearah kanan dan 90 kearah kiri. Dengan kata lain total putarannya hanya setengah lingkaran atau 180. Motor servo rotation continuous merupakan jenis motor servo yang sebenarnya sama dengan jenis servo standard, hanya saja perputaran porosnya tanpa batasan atau dengan kata lain dapat berputar terus, baik ke arah kanan maupun kiri.

Motor servo dapat dimanfaatkan pada pembuatan robot, salah satunya sebagai penggerak kaki robot. Motor servo dipilih sebagai penggerak pada kaki robot karena motor servo memiliki tenaga atau torsi yang besar, sehingga dapat menggerakan kaki robot dengan beban yang cukup berat. Pada umumnya motor servo yang digunakan sebagai pengerak pada robot adalah motor servo 180o.

Gambar 02. Motor Servo 180o Pada Aplikasi Kaki Robot (http://zonaelektro.net)

B.3 Kelebihan Dan Kekurangan
Setiap komponen pasti mempunyai kelebihan atau keunggulan, begitupun juga motor servo. Adapun keunggulan dari motor servo adalah sebagai berikut:

  1. Keunggulan Motor Servo
Keunggulan dari penggunaan motor servo adalah :

  • Motor servo tidak bergetar dan beresonasi saat beroperasi.
  • Daya yang dihasilkan oleh motor servo sebanding dengan ukuran dan berat motor.
  • Penggunaan arus listrik pada motor servo sebanding dengan beban yang diberikan.
  • Resolusi dan akurasi pada motor servo bisa diubah dengan hanya mengganti encoder yang dipakai.
  • Motor servo tidak akan berisik saat beroperasi dengan kecepatan tinggi.
Selain mempunyai kelebihan, motor servo pasti juga mempunyai kekurangan atau kelemahan. Adapun kelemahan dari motor servo adalah sebagai berikut:

  1. Kelemahan Motor Servo
Kelemahan dari penggunaan motor servo adalah :

  • Harga dari motor servo relatif lebih mahal daripada motor DC lainnya.
  • Bentuknya lebih besar karena satu paket.
  • Tidak dapat diperbaiki jika terjadi kerusakan

Catatan: Motor Servo disarankan tidak bekerja secara terus menerus, dikarenakan dapat menyebabkan panas pada motor drivernya ataupun pada motor didalamnya. Hal ini dikarenakan, motor servo akan terus mempertahankan posisinya jika ada kekuatan eksternal yang mencoba memutar atau mengubah posisi tersebut, maka motor servo akan mencoba menahan atau melawan dengan besarnya kekuatan torsi yang dimilikinya (rating torsi servo).

Demikian penjabaran singkat tentang “Membahas Jenis-Jenis Beserta Kelebihan Dan Kekurangan Motor Servo”. Untuk selanjutnya, buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino ataupun sistem Automation lainnya seperti PLC silakan follow akun sosial media saya di facebook “fungkyking” juga diblog saya di http://festyy.com/wNiBaj dan jangan lupa subscribe serta Like channel youtube saya juga di (fungky kinglink: https://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat tulisan-tulisan serta hasil rancangan alat-alat berbasis mikrokontroler yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan yang mana semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan, sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.
           
Terima Kasih,
Salam Otomatisasi


Afriansyah, S.T.
(Fungky King)
fungkyking01@gmail.com

Kata Kunci / Keywords: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, programming, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi, PWM, ADC, LED, Blink, I2C (Inter-Integrated Circuit), Two-wire (TWI), Program LCD 16X2 I2C, Sensor Suhu LM35, LCD (Liquid Crystal Display), Motor Servo

Referensi / Reference:


2 comments:

  1. Did you know there is a 12 word sentence you can say to your partner... that will trigger intense feelings of love and instinctual appeal for you deep within his heart?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, look after and protect you with all his heart...

    12 Words Will Trigger A Man's Desire Impulse

    This impulse is so built-in to a man's brain that it will drive him to work harder than ever before to to be the best lover he can be.

    Matter-of-fact, fueling this influential impulse is absolutely binding to achieving the best ever relationship with your man that the second you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll instantly notice him expose his heart and soul to you in such a way he's never expressed before and he will perceive you as the only woman in the galaxy who has ever truly tempted him.

    ReplyDelete

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir