//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Jenis-jenis Sensor Ultrasonic

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Monday 10 August 2020

Jenis-jenis Sensor Ultrasonic

Jenis-jenis Sensor Ultrasonic

Jenis- Jenis Sensor Ultrasonic
Jenis-jenis Sensor Ultrasonic

  1. Pendahuluan

Jangan lupa singgah ke blog saya à http://festyy.com/wNiBaj dan klik Follow agar tidak ketinggalan membaca tulisan materi-materi lainnya tentang Otomatisasi PLC maupun mikrokontroler dan juga Subscribe serta Like channel youtube saya di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil dari percobaan-percobaan dengan mikrokontroler yang telah dibuat.

Apa itu sensor ultrasonic? Sensor jenis ini adalah modul elektronik yang mendeteksi sebuah objek menggunakan suara. Sensor ultrasonic terdiri dari sebuah transmitter (Pemancar) dan sebuah receiver (penerima). Transmitter berfungsi untuk memancarkan sebuah gelombang suara kearah depan. Jika ada sebuah objek didepan transmitter maka sinyal tersebut akan memantul kembali ke Receiver.

Fungsi sensor ultrasonic adalah mendeteksi benda atau objek di hadapan sensor. Penerapannya banyak dipakai pada robot pemadam api dan robot obstacle lainnya. Salah satu sensor yang paling sering digunakan adalah sensor ultrasonic tipe HC-SR04.

Gambar 01. Sensor Ultrasonic HC-SR04 (www.google.com)

  1. Pembahasan

B.1. Pengertian Sensor Ultrasonic PING

Sensor ini merupakan sensor ultrasonik yang berfungsi untuk mengubah besaran bunyi menjadi besaran listrk dan sebaliknya. Sensor ping ini dapat mendeteksi jarak dari suatu obyek dengan cara memancarkan gelombang ultrasonik dengan frekuensi 40 KHz dan kemudian mendeteksi pantulannya. Sensor ini dapat mengukur jarak antara 3 cm sampai 300 cm. Keluaran dari sensor ini berupa pulsa yang lebarnya merepresentasikan jarak. Lebar pulsanya bervariasi dari 115 us sampai 18,5 ms.

Pada dasarnya, sensor PING terdiri dari sebuah chip pembangkit sinyal 40 KHz, sebuah speaker ultrasonik dan mikropon ultrasonik. Speaker ultrasonik akan berfungsi sebagai pengubah sinyal 40 KHz menjadi besaran bunyi/suara dan mikropon ultrasonik akan berfungsi untuk mendeteksi pantulan suaranya.

B.2. Jenis-jenis Sensor Ultrasonic

Terdapat 2 jenis sensor ultrasonik yang beredar di pasaran, yaitu:

  1. Sensor Ultrasonik PING (Parallax)

Sensor ini adalah sensor 40 KHz produksi parallax yang banyak digunakan untuk aplikasi atau untuk robot cerdas. Kelebisan sensor ini adalah hanya membutuhkan 1 sinyal selain jalur 5 v dan ground.

Spesifikasi sensor:

-       Kirasan pengukuran 3 cm sampai 3 m.

-       Echo hold off 750 us dari of trigger pulse.

-       Delay before next measurement 200 us.

-       Input trigger – positive TTL pulse, 2 us min, 5 us tipikal.

-       Brust indicator LED menampilkan aktivitas sensor.


  1. Sensor Ultrasonik Devantech SRF04

Sensor Devantech SRF04 adalah salah satu sensor jarak yang digunakan pada kontes robot cerdas di Indonesia. Sensor ini memberikan informasi jarak berkirah 3 cm sampai 3 m.

Spesifikasi sensor:

-       Catu Daya: 5 VDC.

-       Frekuensi burst: 40 KHz.

-       Kisaran pengukuran 3 cm sampai 3 m.

-       Input trigger: pulsa positive level TTL selebar 10us min.

-       Output: pulsa level TTL, lebar pulsa positive proporsional terhadap jarak.

Kedua jenis sensor ultrasonic diatas adalah sedikit dari banyaknya jenis-jenis sensor ultrasonic yang digunakan diberbagai tempat dan kondisi sesuai peruntukannya. Misalnya sensor untrasonic untuk mengukur kedalaman air atau tangki sebuah penyimanan minyak dan masih banyak lagi fungsi dari sensor ultrasonic tersebut.

 

  1. Penutup

Demikian penjabaran singkat tentang “Jenis-jenis Sensor Ultrasonic”. Untuk selanjutnya, buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino ataupun sistem Automation lainnya seperti PLC silakan follow akun sosial media saya di facebook “fungkyking” juga diblog saya di http://festyy.com/wNiBaj dan jangan lupa subscribe serta Like channel youtube saya juga di (fungky kinghttps://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat tulisan-tulisan serta hasil rancangan alat-alat berbasis mikrokontroler yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk syarat kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan yang mana semua ini semata-mata hanya opini pribadi berdasarkan pengalaman. Jika ada kekurangan dan tambahan dari materi pembahasan yang dibahas silahkan dapat teman-teman sertakan pada kolom komentar tambahan materi yang ingin disampaikan. Sampaikan pertanyaan dan isi kolom komentar dengan bijak.

           

Terima Kasih,

Salam Otomatisasi!

 

Afriansyah, S.T.

(Fungky King)

http://fungkynotes.blogspot.co.id

fungkyking01@gmail.com

 

Kata Kunci / Keywords: ATMEGA, Arduino, Arduino IDE, Arduino UNO, Bahasa C, fungkynotes.blogspot.co.id, fungky corporation, fungky king, microcontroller, otomatis, pemprograman, programming, plc, NodeMCU, ESP8266, Internet of Things (IoT), Wi-Fi, PWM, ADC, LED, Blink, I2C (Inter-Integrated Circuit), Two-wire (TWI), Program LCD 16X2 I2C (Inter-Integrated Circuit), Sensor Suhu LM35, LCD (Liquid Crystal Display), Motor Servo, Potensiometer, Sensor LDR, Ultrasonic HC-SR04

 

Referensi / Reference:

 

2 comments:

  1. Mohon bantuannya kak, sensor ultrasonik yg kompatibel sama PLC agar sinyal input yg masuk dan sinyal output yg keluar berupa sinyal analog iti jenis yg mana ya kak. Mohon bantuannya kak 🙏🏻

    ReplyDelete

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir