//Tambahan //Akhir tambahan Fungky Corporation: Memulai Menggunakan Arduino

MAU PESAN ALAT BIDANG ELEKTRONIKA? KAMI FUNGKY CORPORATION SIAP MEMBANTU. HUBUNGI :

Email: fungkyking01@gmail.com | FB/TWITTER/YOUTUBE : FUNGKYKING |

WA (WhatsApp) Only : 0838 (Libur)


Lokasi Yogyakarta.

Friday 25 May 2018

Memulai Menggunakan Arduino


Memulai Menggunakan Arduino


Pembahasan pada seri artikel ini dan seterusnya akan menggunakan papan Arduino yang berbasiskan USB dan papan yang akan dijadikan contoh adalah seri Arduino UNO. Arduino UNO dijadikan contoh dikarenakan banyak dijual dipasaran, mudah didapat, dan cocok untuk tahap pembelajaran dikarenakan menyediakan pin yang cukup banyak dengan fungsi yang beragam. Dengan Arduino UNO sudah dapat mencakup pembahasan dasar mengenai pin ADC (Analo Digital Converter), PWM (Pulse Width Modulation), Komunikasi Serial (RX & TX), Komunikasi I2C, dan mencoba program-program dasar untuk mengakses pin-pin yang tersedia.

Memulai menggunakan Arduino UNO untuk pertama kalinya membutuhkan petunjuk yang jelas agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan yang mengakibatkan kerusakan terhadap Arduino UNO yang digunakan. Tanpa melakukan konfigurasi apapun, begitu sebuah papan Arduino dikeluarkan dari kotak pembungkusnya ia dapat langsung disambungkan ke sebuah komputer melalui kabel USB. Selain berfungsi sebagai penghubung untuk pertukaran data, kabel USB ini juga akan mengalirkan arus DC 5 Volt kepada papan Arduino sehingga praktis tidak diperlukan sumber daya dari luar. Saat mendapat supply daya, lampu LED indikator daya pada papan Arduino akan menyala menandakan bahwa ia siap bekerja.

Gambar 1. LED ON Board Arduino UNO
Pada papan Arduino Uno terdapat sebuah LED kecil yang terhubung ke pin digital no 13. LED ini dapat digunakan sebagai output saat seorang pengguna membuat sebuah program dan ia membutuhkan sebuah penanda dari jalannya program tersebut. Ini adalah cara yang praktis saat pengguna melakukan uji coba. Umumnya microcontroller pada papan Arduino telah memuat sebuah program kecil yang akan menyalakan LED tersebut berkedip-kedip dalam jeda satu detik. Jadi sangat mudah untuk menguji apakah sebuah papan Arduino baru dalam kondisi baik atau tidak, cukup sambungkan papan itu dengan sebuah komputer dan perhatikan apakah LED indikator daya menyala konstan dan LED dengan pin-13 itu menyala berkedip-kedip.

CATATAN: Setelah mengeluarkan papan Arduino dari kotaknya, harap berhati-hati dengan listrik statis dan hubungan singkat karena bagian bawah papan Arduino tidak ditutup dengan lapisan pelindung. Dianjurkan untuk tidak menyentuh bagian bawah atau kaki-kaki komponennya dengan tangan untuk menghindari bahaya listrik statis dari tubuh Anda. Hati-hati juga meletakkan papan Arduino pada meja. Pastikan tidak ada logam atau cairan yang bisa mengakibatkan hubungan pendek yangbisa merusak komponen. Usahakan meletakkan papan Arduino pada alas berbahan plastik yang aman.

Seperti kebanyakan barang-barang yang dijual dipasaran, komponen elektronika dan kontrolerpun tidak terlepas dari terdapatnya produk-produk palsu dan tiruan yang dijual bebas secara umum. Seri Arduino UNO yang dijual dipasaran juga terdapat beberapa yang palsu dan tiruan, namun ada juga yang Arduino Uno Compatible yaitu papan Arduino UNO yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan rekanan yang bukan bagian atau bawahan perusahaan Arduino. Perusahaan ini membuat papan yang memiliki fungsi sama dengan Arduino UNO tetapi tidak menggunakan nama “Arduino UNO” seperti Freeduino dibuat oleh Freeduino, dan masih banyak lagi Arduino Uno Compatible lainnya.

Untuk selanjutnya, kita akan mengulas tuntas mengenai “Mengenal Board Arduino Dipasaran” agar dapat mengetahui dan membedakan mana Arduino palsu, tiruan, ataupun Arduino Compatible. Buat yang ingin mempelajari Arduino dan lebih mengenal Arduino silakan baca pembahasan sebelum-sebelumnya di blog http://fungkynotes.blogspot.co.id atau di channel youtube kami https://www.youtube.com/channel/UCWbN7TqlN68FxeFY7uCNhkA untuk melihat hasil rancangan alat-alat yang kami buat. Kami juga menerima pembuatan alat-alat elektronika baik untuk penelitian ataupun alat untuk “syarat” kelulusan.

Demikian pembahasan singkat yang dapat dibahas, jika ada kekurangan dan tambahan materi pembahasan silahkan sertakan pada kolom komentar.

Terima Kasih,

Salam Otomatisasi
Fungkyking

No comments:

Post a Comment

Berfikirlah kreatif dengan komentar yang bijak. Salam Otomatisasi.!

//Tambahan //akhir